Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Kampung UKM Digital Jadi Model Networking IT

Jumat 13 May 2016 18:00 WIB

Red:

SUKABUMI -- Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Ir Yuana Satyowati MM meresmikan peluncuran Kampung UKM Digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu Kab Sukabumi. Program ini hasil kerjasama antara Dinas Koperasi Perindustian dan Perdagangan Kab Sukabumi dengan PT Telkom Witel Sukabumi.

"Dengan Kampung UKM Digital ini akan tercipta ekosistem bisnis melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan dayasaing KUMKM dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asean," katanya, di PLUT Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/5).

Dia mengatakan, peluncuran Kampung UKM Digital ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan UMKM serta kontribusinya terhadap GDB serta kelompok usaha yang mampu menyerap tenaga kerja sebesar 97,2 persen. Karenanya, UKM ini perlu diperkuat dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

'Kampung' yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif ini, dirancang untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM. Kampung digital Kabupaten Sukabumi ini menjadi satu-satunya model pengembangan networking IT di Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya program tersebut diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi sentra UKM lainnya untuk lebih meningkatkan kekuatan sentra UKM-nya, terutama dalam era masyarakat ekonomi ASEAN saat ini. "Dari 49 PLUT di seluruh provinsi, Kabupaten Sukabumi saya berikan apresiasi. Saat diresmikan pada 2014, dalam 2 tahun terlihat progres yang luar biasa. Saya harap sinergi ke depan bisa diperluas lagi," ujarnya.

Sementara itu, I Ketut Budi Utama Executive Vice President PT Telkom Regional III Jawa Barat, mengatakan, sekitar 300 target kampung digital yang akan dibuat oleh PT Telkom secara nasional, pihaknya menargetkan bisa membuat 50 kampung digital di Jabar.

"Komunitas utamanya memang fokus pada UMKM karena keberadaannya yang sangat urgent. Pertama, kontribusinya terhadap pengembangan ekonomi cukup bagus dan tinggi. Selain itu, penyerapan tenaga kerja juga cukup tinggi," ujarnya.

Program Kampung UKM Digital adalah salah satu bentuk cara Telkom membangun UKM mandiri dan berdaya saing dengan mengunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Diharapkan dengan kehadiran Kampung UKM Digital dalam 5 tahun ke depan para pelaku UKM benar-benar semakin maju, modern dan mandiri didukung dengan pemanfaatan TIK.   ed: Ichsan Emrald Alamsyah 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA