Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Zola Yoana, Pendiri Heart Inc: Mak Comblang yang Dibayar

Jumat 24 Okt 2014 18:00 WIB

Red:

Anda terlalu disibukkan urusan kerja? Tak lagi sempat dalam mencari pasangan? Zola Yoana, pendiri Heart Inc menawarkan solusi. Zola merupakan satu-satunya mak comblang yang memiliki sertifikat internasional di Indonesia. Bagaimana profesi ini digeluti Zola sehingga berbuah pundi-pundi uang? Berikut penuturan Zola kepada wartawan Republika.

***Menemukan belahan jiwa tentu menjadi impian bagi setiap orang. Namun, kehi dupan masyarakat modern kerap membuat seseorang larut dalam kesibukan. Masalah pun datang saat pasangan tidak kunjung ditemui. Bagi mereka yang sibuk, namun ingin menemukan pasangan, serahkan saja solusi nya kepada matchmaker alias mak com blang. Akan tetapi, gaung mak comblang yang profesional di Indonesia masih jarang terdengar. Dari senyapnya bisnis mak comblang profesional, ada nama Zola Yoana yang keahliannya telah diakui dunia internasional.

Hingga kini, Zola menjadi satu-satunya mak comblang yang memiliki sertifikat internasional di Indonesia. Dia menga kui, masyarakat Indonesia belum awam dengan profesinya ini. Meskipun, profesi matchmaker sudah dianggap familiar layaknya pekerjaan lain seperti guru dan dokter.

"Pekerjaan ini sudah umum di luar negeri dan punya segmen tersendiri," ujar nya kepada Republika, belum lama ini. Profesi mak comblang yang kini disandang Zola berawal dari kebiasaan temantemannya curhat soal asmara. Dari situ, wanita yang hobi traveling ini kerap menjodohkan teman-temannya hingga menjadi pasangan. "Ketika berhasil menjodohkan, ada kebahagiaan tersendiri," ujar wanita yang berkantor di bilangan Jalan MH Thamrin ini.

Kebahagiaan itulah yang kemudian mengantarkan Zola pada passion-nya. Untuk mengejar passion, Zola tak mau main-main. Dia belajar hingga ke Amerika Serikat. Ilmu tentang perjodohan dia dapatkan dari New York Matchmaking Institute.

Setelah mengantongi sertifikat sebagai matchmaker, Zola kemudian pulang ke Indonesia. Dibantu empat karyawan, dia mendiri kan Heart Inc. Lembaga bis nis ini memfasilitasi para lajang dalam menemukan pasangan.

"Saya menjadi match maker sudah tiga ta hun, tetapi Heart Inc baru resmi dibuka sejak 2013," tu tur nya. Dalam menjalankan bis nis nya, Zola p i l i h p i l i h klien. Dia men syaratkan kliennya memiliki nilai hidup yang baik. Di samping itu, syarat utama menjadi member Heart Inc adalah sedang tidak terikat hubungan.

Untuk menggunakan jasanya, calon klien harus terlebih dahulu mendaftarkan diri lewat situs Heart Inc. Setelah mengisi formulir registrasi, Zola akan bertemu secara personal kliennya. Zola ingin lebih menyelami kepribadian dan latar belakang calon kliennya.

Setelah wawancara, Zola baru dapat menentukan apakah seseorang cocok menjadi kliennya. "Intuisi saya kuat sehingga bisa melihat apakah calon klien itu jujur atau tidak," ujar wanita yang sebelumnya berkarier di bidang periklanan ini.

Heart Inc menawarkan dua macam keanggotaan bagi kliennya. Keduanya bertarif dolar AS. Pertama, masa keanggotaan enam bulan bertarif 1.800 dolar AS atau sekitar Rp 22 juta. Dengan keanggotaan ini, klien akan dipertemukan dengan maksimal lima calon pasangan.

Ada pula keanggotaan yang sifatnya unlimited. Klien berhak bertemu dengan calon pasangan yang jumlahnya tidak dibatasi. Untuk tipe keanggotaan ini, Zola mematok biaya 3.000 dolar AS atau sekitar Rp 36 juta dengan masa keanggotaan satu tahun.

Wanita kelahiran 30 tahun silam ini me ngakui harga yang ditawarkan Heart Inc tergolong premium. Karena, perusahaan ini menyasar kalangan kelas atas alias high-end dengan kondisi finansial yang terjamin. Klien Heart Inc tidak hanya bisa bertemu calon pasangan dari Indonesia. Heart Inc memiliki jaringan dengan perusahaan serupa di berbagai belahan dunia. "Maka, bisa saja klien saya dipertemukan dengan calon pasangan dari luar negeri," ujar Zola.

Setelah memilihkan calon pasangan untuk klien, Zola mengatur kencan keduanya. Biasanya, ia memilih restoran sebagai tempat bertemu. Restoran yang romantis dinilainya sebagai tempat yang cocok untuk membangun kecocokan atau chemistry.

Dari pertemuan pertama dapat diketahui apakah kedua kliennya merasa sreg satu sama lain. Jika keduanya mengisyaratkan kecocokan, Zola akan mengatur pertemuan berikutnya. Tetapi, jika tidak maka ia akan mencarikan pasangan lain yang lebih sesuai. Menjalani pekerjaan sebagai mak comblang diakui Zola sebagai kegiatan yang menyenangkan. "Karena saya bisa membantu mereka, tidak semua orang tahu cara mencari cinta lho," katanya.

Hingga saat ini setidaknya terdapat 500 orang yang terdaftar di Heart Inc. Rata-rata usia anggotanya berkisar antara 27-45 untuk wanita dan di atas 30 tahun untuk anggota pria. Lewat Heart Inc Zola telah berhasil mempertemukan setidaknya seratus pasang an.

Meski demikian, Heart Inc tidak menjamin pasangan yang dijodohkan dapat melangkah sampai ke jenjang perni kah an. Menurut Zola, keputusan untuk menikah kembali ke pribadi klien masing-masing.

Heart Inc tak hanya menyedia kan layanan perjodohan. Dalam beberapa kesempatan Zola juga mengadakan cocktail party yang dihadiri oleh para lajang. Siapa pun dapat bergabung dalam cocktail party tanpa harus menjadi anggota Heart Inc.

Ke depan, Zola ingin lebih mengangkat pamor bisnis love industry. Ia berencana mengadakan coaching class serta membuka cabang Heart Inc di Surabaya. "Animo masyarakat di sana bagus jadi saya ingin mem buka kan tor juga di sana," katanya.

Nama:

ZOLA YOANA

Tanggal Lahir:

11 JULI 1984

Pendidikan:

MATCHMAKING INSTITUTE OF

NEW YORK

Nama Bisnis:

HEART INC. (MATCHMAKING

COMPANY)

Alamat:

THE CITI TOWER, JALAN MH

THAMRIN 81 JAKARTA

Telepon:

021-29557372 ¦ c88 ed: nur aini

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA