Jumat 03 Jul 2015 16:00 WIB

Masjid

Red:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masjid berarti tempat ibadah. Akar kata masjid adalah sajada, yang berarti tunduk atau sujud. Masjid atau tempat ibadah yang berukuran kecil disebut surau, mushala atau langgar.

Menara-menara serta kubah masjid yang besar menunjukkan betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Hingga saat ini, kubah dan menara-menara masjid disesuaikan dengan perkembangan arsitektur modern.

Poros orientasi masjid mengarah pada keempat dinding Ka'bah. Masjid juga sering disebut sebagai rumah Allah. Hal demikian karena fungsi masjid digunakan sebagai tempat shalat. Pada zaman Rasulullah SAW, masjid banyak sekali fungsinya. Sebagai tempat iktikaf, tempat diskusi, bermusyawarah, ceramah, belajar Alquran, dan segala kajian tentang Islam.

Seiring perkembangan zaman, masjid mengalami perkembangan pesat. Bisa dikatakan, di mana terdapat komunitas Muslim yang padat di suatu tempat maka di sana pasti ditemukan masjid. Begitu juga dari segi peranan di masyarakat. Masjid telah menjadi sarana berkumpul, menuntut ilmu, bertukar pengalaman, pusat dakwah, dan segala kegiatan sosial serta kajian-kajian Islam lainnya.

Dalam segi tempat, masjid juga terdapat di hampir setiap sekolah, kampus, kantor dan di pusat daerah atau kota. Semua itu didirikan dengan hajat memenuhi kebutuhan umat Islam untuk tetap menegakkan shalat lima waktu di mana pun tempatnya.  c30 ed: Andi Nur Aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement