Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Mudahnya Menghafal Alquran

Kamis 04 Dec 2014 17:00 WIB

Red:

Sulitkah menghafal Alquran? Banyak orang mengira seperti itu. Padahal, menghafal rangkaian firman Allah yang terangkum dalam kitab suci umat Islam itu sangat mudah, bahkan semudah tersenyum.

Keyakinan itulah yang coba dikembangkan Ustaz Bobby Herwibowo. Beragam upaya telah dilakukannya untuk mengajak umat Islam menghafal Alquran. Salah satunya, melalui gerakan Hafidz on the Street yang diadakan di kawasan car free day di Jakarta, Ahad (30/11).  

Bersama teman-temannya yang tergabung dalam Kauny Quantum Memory, Bobby mengajak semua orang dan komunitas yang hadir di kawasan itu untuk mengaji dan menghafal Alquran dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan. Mereka pun bisa menghafal Alquran tanpa harus mengganggu aktivitas mereka, seperti lari, bersepeda, jajan, dan lainnya.

"Menghafal ayat itu lebih mudah dari yang dibayangkan, bahkan semudah tersenyum," ujar Bobby kepada Republika, Senin (1/12).

Menurutnya, banyak orang Islam yang masih takut, enggan, dan kurang percaya diri menghafal Alquran. Jangankan menghafal, tak sedikit Muslim yang belum bisa membaca Alquran sesuai dengan makhrajnya. Karena itulah, Bobby bersama teman-temannya melakukan gerakan Hafidz on the Street ini.

"Inspirasi kita awalnya dari kisah Rasulullah SAW ketika menerima wahyu pertama. Beliau kan takut dan lari keluar gua, tapi tetap bisa menghafal surah al-Alaq.''

Apalagi, kawasan car free day selalu didatangi oleh banyak orang dari beragam usia dan profesi. Karena itu, diharapkan gerakan ini dapat dilakukan oleh berbagai generasi orang Islam, dari orang tua hingga anak-anak. ''Agar mereka berbondong-bondong untuk mengaji dan menghafal Alquran serta tidak terpengaruh dengan ajakan orang lain seperti Kristenisasi yang memang sedang marak diadakan pada moment ini.''

''Ide ini juga tercetus karena ada Kristenisasi di car free day, akhirnya kita ikutan untuk berdakwah. Karena memang saat car free day itu sangat rawan. Tapi, tidak hanya kita, akhirnya banyak teman-teman juga, seperti Dakwah on the Street dan lain-lain," ungkapnya.

Respons dari masyarakat ternyata sangat menggembirakan. Lebih dari 500 orang ambil bagian dalam gerakan ini, mulai dari anak usia lima tahun, polisi, para pencinta olahraga sepeda, juga kalangan lanjut usia. Mereka menghafal empat ayat dalam surah al-Waqiah, yakni dari ayat 77 sampai 80.  

Mereka diajak berpetualang sambil menambah hafalan di tiap pos yang mereka datangi. Pos itu berjumlah empat titik di sepanjang Jalan Sudirman sampai Bundaran HI. "Jadi, kita buat empat pos, setiap posnya mereka tambah satu ayat. Jadi, total empat ayat yang dihafal akan dapat hadiah menarik di pos terakhir, seperti pulpen dan lain sebagainya," ujar Bobby.

Tak hanya respons secara langsung. Berbagai media sosial pun ramai memberi komentar dan ulasan. Mereka pun meminta agar acara Hafidz on The Street kembali dan dapat terus diadakan.  

Gayung bersambut. Bobby pun bertekad terus menggelar kegiatan dengan berbagai pengembangan yang lebih baik, seperti memperbanyak jumlah pos, sehingga ayat yang dihafal beserta maknanya akan lebih banyak pula. ''Rencananya sebulan sekali, soalnya kita masih menunggu dana sumbangan agar bisa diadakan di setiap car free day dan di beberapa tempat lainnya.'' rep: aghia khumaesi ed: wachidah handasah

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA