Selasa 05 Aug 2014 13:30 WIB
mudik kebersamaan

SBY: Pelayanan Mudik Meningkat

Red:

JAKARTA — Ada kemajuan dalam pelayanan arus mudik Lebaran tahun ini. Penilaian tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika membuka rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/8).

"Sejumlah kemajuan telah kita capai dibanding tahun sebelumnya," ujar Presiden, yang mengaku terus memantau pelaksanaan mudik. Ia berharap berbagai pihak terkait terus memberikan pelayanan yang terbaik.

Presiden tak menampik ada sejumlah masalah di lapangan. Meski demikian, ia menilai, secara keseluruhan pelaksanaan mudik dan angkutan Lebaran tahun ini terkelola dengan baik. Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polri, TNI, serta semua pihak yang terlibat aktif dalam aktivitas mudik Lebaran tahun ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Dedhez Anggara/ANTARAFOTO

Sejumlah kendaraan berjalan tersendat di jalur Pantura Indramayu, Jawa Barat, Minggu (3/8) malam

 

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menyebutkan, ada tiga strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kelancaran, kenyamanan, dan ketertiban arus mudik pada 2015. "Ada tiga strategi yang bisa dipelajari dari pelaksanaan angkutan mudik tahun ini untuk meningkatkan kelancaran mudik tahun depan," kata Bambang, Selasa (29/7).

Tiga strategi tersebut, yakni penyelesaian infrastruktur jalan, peningkatan kapasitas angkutan laut, dan peningkatan optimalisasi jalur ganda kereta api. Untuk infrastruktur jalan, pemerintah sedang mengejar penyelesaian jalan Tol Cikampek-Palimanan. Menurut Wamenhub, jika pembangunan jalan tol ini sudah selesai dan dapat beroperasi, akan sangat mengurangi beban jalur pantura saat musim mudik.  

"Dengan beroperasinya Tol Cikampek-Palimanan tekanan terhadap jalur pantura akan berkurang," ujarnya.

Strategi lainnya, Wamenhub melanjutkan, yaitu optimalisasi jalur ganda kereta api dengan meningkatkan kapasitas perjalanan kereta api, selain 12 perjalanan kereta api yang telah disiapkan untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Pada 2014 PT KAI telah menambah dua perjalanan kereta api buatan PT Inka, yaitu KA Sawunggalih jurusan Pasar Senen-Kutoarjo dan KA Menoreh jurusan Pasar Senen-Semarang Tawang.

Selain itu, Wamenhub menambahkan, kelancaran arus mudik juga dapat diupayakan dengan meningkatkan kapasitas angkutan laut apalagi pada tahun ini Kemenhub telah menyelenggarakan mudik gratis dengan moda angkutan laut ke Semarang. Dalam dua kali perjalanan mudik gratis ke Semarang tersebut, kapal selalu terisi penuh. 

Hal itu, menurut Wamenhub, merupakan preseden baik yang dapat dilanjutkan dan ditingkatkan untuk pelaksanaan mudik pada tahun-tahun mendatang.   antara ed: wachidah handasah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement