Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

pengalaman

Geisha Tak Banyak Berubah Selama Puasa

Jumat 11 Jul 2014 14:21 WIB

Red:

Siapa yang tak kenal Geisha? Grup musik ini dibentuk sejak 2003. Setelah album pertama, Anugerah Terindah, dirilis 2009, banyak single mereka yang kemudian hit di belantika musik nusantara. Sebut saja single "Jika Cinta Dia", "Cinta dan Benci", dan "Lumpuhkanlah Ingatanku".

Grup yang beranggotakan Momo (vokal), Roby (gitar), Nard (bass), Dhan (keyboard), dan Aan (drum) ini berkunjung ke Republika dalam rangka promo album terbaru mereka, Bersinar Terang, Selasa (8/7). Dalam kesempatan tersebut, para personel Geisha yang mayoritas beragama Islam sempat berbagi cerita tentang pengalaman puasa mereka.

Dhan dan Nard sempat bercerita tentang pengalaman manggung pada  bulan puasa. Tahun 2007, Geisha mengikuti Parade Bedug. Acara tersebut diadakan selama sepekan di Karawang, Cirebon, dan Tegal.

"Itu pengalaman pertama kali puasa-puasa kerja," kata Nard.

Di tengah rasa haus dan lapar yang mereka rasakan, para personel Geisha harus sudah bersiap dari siang. Padahal, sebelumnya mereka menempuh perjalanan lumayan panjang dengan bus. Selain itu, mereka juga melakukan check sound sendiri.

"Kita harus stand by dari siang. Check sound-nya kita sendiri dari siang. Dan, perjalanannya pakai bus," ujar Dhan yang kemudian diamini oleh Nard.

Dhan mengatakan, pengalaman itu begitu berkesan bagi sebagian besar personel Geisha. "Kalau aku pribadi, itu berkesan banget karena itu pertama kalinya aku puasa jauh dari orang tua," katanya

"Aku juga. Hampir semuanya kayak gitu," ujar Nard.

Kecuali Momo, semua personel Geisha beragama Islam. Dhan, salah satu personel Muslim di Geisha, mengaku tidak banyak yang berubah selama Ramadhan. Hambatan terbesar bagi mereka tak jauh berbeda dengan profesi lainnya.

"Ya, mungkin haus karena kayak gini kita kan juga harus ngobrol terus. Kalau manggung pas siang, panas. Paling itu aja hambatannya," kata Dhan memaparkan.

Dhan juga mengatakan, selama promo pada bulan Ramadhan, ia lebih banyak tidur setelah berbuka. Bangun dini hari ketika sahur dan tidak banyak waktu tidur setelahnya, membuat keyboardist ini sering kali mengantuk saat tengah hari.

Ketika ditanya tentang tips menjalani aktivitas selama Ramadhan, Dhan berkata, "Standar aja ya, kayak sahur, terus lebih banyak diem kalau nggak ditanyain, ujarnya bercanda diikuti tawa personel Geisha lainnya. Para personel juga sering kali memanfaatkan jeda waktu antara promo untuk istirahat.  rep:c92  ed: anjar fahmiarto

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA