Selasa 20 Dec 2016 15:00 WIB

Robot ITS Raih Juara Umum di Beijing

Red:

SURABAYA — Tim robot Ichiro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih juara umum pada ajang Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) di Beijing, Ahad (18/12). Tim Ichiro meraih delapan medali emas.

Kompetisi yang digelar selama lima hari ini diikuti 23 tim dari sembilan negara, yakni Cina, Taiwan, Indonesia, Malaysia, India, Meksiko, Kanada, dan Korea Selatan. Ini menjadi momen pertama Ichiro menembus kancah internasional.

Ketua tim Ichiro ITS, Satria Hafizuddhin, menjelaskan, perjuangan untuk bisa menjadi juara umum tidak mudah. Pada hari pertama lomba, tim kewalahan menghadapi masalah ketidaksesuaian informasi dengan peraturan yang berlaku. "Terdapat beberapa perbedaan peraturan yang berlaku pada hari pertama dengan peraturan yang disepakati pada pertemuan teknis sebelumnya," kata Satria dalam keterangan tertulis, Senin (19/12).

Kondisi lapangan juga kurang menguntungkan. Lingkungan lomba yang dipaparkan tampak berbeda dengan kondisi nyatanya. Hal ini memengaruhi performa Ichiro dalam mengikuti pertandingan. 

Tim lawan dari negara lain juga berpendapat sama. Peserta FIRA banyak yang merasa kesusahan mendapatkan poin. Meski demikian, tim Ichiro tetap optimistis sambil menyesuaikan diri dengan peraturan yang baru mereka temukan.

 

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro ITS tersebut menyatakan, capaian ini tak lepas dari dukungan dosen pembimbing Muhtadin, pendamping tim Ichiro Rudhy Ivan Noor, keluarga besar ITS, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing. Sebagai dosen pembimbing, Muhtadin merasa bangga terhadap prestasi yang dicapai anak didiknya. "Alhamdulillah, capaian ini sangat memuaskan. Terutama, kami bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia dan ITS. Terima kasih atas dukungan yang kuat dari berbagai pihak dan semangat terus," ujar Muhtadin.

Sebelumnya, Ichiro memperoleh hasil luar biasa dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 regional IV. Robot ini dinobatkan sebagai juara pertama setelah menang tipis 2-1 melawan Robot Eros dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Ichiro dinobatkan sebagai robot dengan strategi terbaik. Robot buatan ITS ini menjadi inovasi terbaik. rep: Binti Sholikah, ed: Erdy Nasrul 

Prestasi di FIRA Hurocup

Ichiro I                Ichiro II

3 emas                3 perak

1 perak                1 perunggu

Juara 1 Maraton        Juara 2 Maraton

Juara 1 Sprint            juara 2 Sprint

Juara 1 Soccer            juara 2 Soccer

Juara 2 halang rintang        juara 3 Weight Lifting

Juara Umum III            juara umum II

Sumber: ITS

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement