Jumat 02 Sep 2016 16:00 WIB

NTB Realisasikan Dana Desa Rp 400 Miliar

Red:

MATARAM--Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi NTB mengungkapkan, penyaluran dana desa tahap pertama periode Januari-Juli 2016 di 10 kabupaten/kota sebanyak Rp 406 miliar sudah terealisasi Rp 400 miliar. Sementara, sisa Rp 6 miliar akan direalisasikan tahap kedua periode Agustus-Desember.

"Kita punya dana desa 2016 Rp 677 miliar. Tahap pertama Rp 406 miliar, sudah terealisasi Rp 400 miliar, dan sisa sekitar Rp 6 miliar akan direalisasikan tahap kedua. Tiap desa mendapat sekitar Rp 400 miliar-Rp 850 miliar," ujar Kepala BPMPD Rusman di Mataram, Kamis (1/9).

Ia menuturkan, sisa Rp 6 miliar yang belum terealisasi ke desa berada di Bima, Lombok Utara, dan Sumbawa Barat. Alasannya, pertanggungjawaban anggaran tahun kemarin belum diserahkan dan di Bima APBDes belum disahkan karena ada perselisihan dengan Badan Permusyawaratan Desa.

"Dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa terealisasi di tahap kedua. Sebab, jika tidak, akan berdampak kepada desa. Komposisi 60 persen tahap pertama, 40 persen tahap kedua," ungkapnya.

Menurutnya, dana desa yang disalurkan ke 955 desa akan digunakan untuk pembangunan desa, semisal, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Sementara, sisa dana desa pada tahap pertama akan diberikan pada tahap kedua. "Dari segi APBDes, lebih banyak infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat," ungkapnya.    Muhammad Fauzi Ridwan, ed: Hafidz Muftisany 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement