Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Ratusan Siswa SMA Antusias Ikuti Seminar Entrepreneur

Senin 25 Aug 2014 16:00 WIB

Red:

BANDUNG –– Ratusan siswa SMA se-Kota Bandung antusias mengikuti seminar tentang Entrepreuneur. Sejak pagi, sekitar pukul 08.00 WIB, semua siswa sudah memenuhi Aula Taman Pramuka akhir pekan lalu.untuk mengikuti acara bertajuk "From School to be Entreprenur". Seminar ini digagas Bandung Education Journalist (BEJ) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung dan Telkom Foundation.

Hadir sebagai pembicara, Kepala Disdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana, Ketua Telkom Foundation, Johni Girsang dan enteprenuer pemilik Warung Laundry, Kukuh Ginanjar Sejahtera dan Pemilik Cuba Klik Shop, Anissa Aga Pebrianti.

Menurut Ketua Telkom Foundation, Johni Girsang, jiwa entrepreneur atau kewirausahaan harus ditanamkan sejak dini. Sebab jiwa entrepreneur tersebut memerlukan sikap optimis yang tinggi, integritas, mampu mencari peluang, berkompetisi, kreatrif, dan inovatif. Jika enteprenuer itu sudah ada sejak dini, maka kelak siapapun orangnya Ia akan menjadi seorang entrepreneur sejati. ''Untuk menumbuhkan jiwa enteprenuer di kalangan anak muda, kami menyediakan pinjaman tanpa agunan kepada siap pun yang ingin menjalankan wirausaha,'' ujar Johni.

Johni mengatakan semua generasi muda baik yang berada di lingkungan Telkom Foundation maupun di luar lingkungan yayasan pendidikan tersebut bisa memperoleh pinjaman. Untuk level anak SMA, pihaknya menyediakan pinjaman mo dal Rp 1 miliar/tahun. Sementara untuk tingkat mahasiswa pinjaman yang disediakan Rp 2,5 miliar/tahun. "Ini sudah digulirkan beberapa ta hun lalu,'' katanya.

Pinjaman ini menurutnya sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Telkom University untuk meningkatkan kreativitas dan jiwa entrepreneur di kalangan generasi muda. Sebab banyak di antara merka yang kreatif dan mau menjalankan usaha tapi tidak memiliki modal.

Menurut Kepala Disdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana di antara kompetensi yang diperlukan oleh siswa untuk menghadapi masa depan adalah kompetensi kreatif. Selain itu kompetensi berkomunikasi, kompetensi spiritual, kompetensi sosial dan kompetensi bersikap positif terhadap keterampilan yang dimilikinya.

Sementara menurut Enteprenuer Pemilik Warung Laundry, Kukuh Ginanjar Sejahtera, saat ini Ia sudah memiliki 20 outlet warung laundry. rep:arie lukihardianti  ed: rachmat santosa

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA