Selasa 22 Jul 2014 12:00 WIB

Jelang Lebaran Aher Tegaskan Jabar Kondusif

Red:

BANDUNG –– Menjelang mudik lebaran, kondisi di Jabar dipastikan aman. Walaupun penduduk di Jabar jumlahnya sangat banyak. Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, sampai saat ini kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Barat tetap terjaga, walaupun penduduknya banyak. "Jawa Barat mah terkenal aman. Alhamdulillah kami dikarunia penduduk yang banyak, tapi balalageur (baikbaik)", ujar Heryawan yang akrab dusapa Aher kepada wartawan Pada Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2014 dengan tema 'Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1435 H", Senin (21/7) di Lapangan Gasibu, Bandung.

Menurut Aher, Kondusifnya keamanan dan ketertiban masyarakat dengan indikator setiap kali Pemilu (Pemilukada, Pileg, dan Pilpres) selalu berjalan lancar dan tidak ada masalah. Namun, kewaspadaan harus tetap dijaga, karena menurut teori keamanan untuk deteksi dini gangguan keamanan tetap harus ada persiapan dan siaga.

Selain itu menurut Gubernur, kondisi dan pendekatan keamanan di Jabar selalu diantisipasi satu tahap di atas prediksi. Kondi si yang diprediksi tidak ada gang guan, diantisipasi dengan kekuat an dan pengamanan ringan. Apa bila kondisi diprediksi ada gangguan ringan diantisipasi dengan kekuatan menengah. ''Apabila di prediksi ada gangguan menengah akan diprediksi dengan pengamanan berat,'' katanya.

Secara keseluruhan, Jabar dalam kondisi siap dalam menghadapi Idul Fitri dan arus mudik. Yak ni mulai dari ketersediaan pa ngan dan kondisi infrastruktur jalan yang siap digunakan untuk arus mudik. Sementara puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini.

Pada apel yang diikuti pasukan Polri, TNI, personil instansi terkait dan swasta, Kepala Polisi Republik Indonesia dalam amanat yang disampaikan Gubernur menyatakan bahwa dengan 137.795 personil yang di tengah-tengah masyarakat, yang terdiri dari 86.243 personil Polri dan 51.552 personil instansi terkait lainnya. Diharapka, akan tercipta kondisi keamanan dan ketertiban yang mantap. Hal ini ditandai dengan menurunnya angka kriminalitas, berkurangnya tingkat kecelakaan lalu lintas dan korban meninggal dunia, serta titik kemacetan dan lancarnya lalu lintas.

Sementara Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan menegaskan pihaknya telah menyiapkan 20.944 pasukan Polri yang akan disebar ke titik pengamanan di Jawa Barat. Operasi Ketupat Lodaya 2014 ini digelar, agar keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. ''Pasukan 20.944 sudah digelar, tidak ada masalah. Resiko kita, akan hadapi. Strategi, sudah ada,'' tegas Iriawan. rep:arie lukihardianti  ed: rachmat santosa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement