Selasa 24 Nov 2015 15:00 WIB

Mawar Pembangkit Energi

Red:

Perkembangan kecerdasan artifisial kini sudah mulai merambah ke dunia flora. Dikutip dari Cnet, saat ini, satu tim riset dari Laboratory for Organic Electronics di Universitas Linkoping, Swedia, tengah berupaya menumbuhkan mawar dengan sirkuit elektronik yang ditanamkan di sistem vaskulernya.

Dipimpin oleh Profesor Magnus Berggren, tim ini melihat besarnya potensi percobaan yang dapat berhasil dengan baik. Menurutnya, tujuan dilakukannya percobaan ini adalah untuk mendapat gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi di dalam "tubuh" sebuah tanaman.

Dalam percobaan yang telah dipersiapkan sejak dua tahun lalu, tim periset berharap dapat mengelola energi fotosintesis yang ada dalam tanaman. Kemudian, energi tersebut akan dikembangkan menjadi salah satu sumber energi yang baru.

"Saat ini, kita bisa mulai bicara tentang Power Plants di mana kita meletakkan sensor dalam tanaman dan memanfaatkan energi yang terdapat dalam klorofil untuk kepentingan manusia," ujar Berggren.  Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement