Rabu 20 May 2015 12:00 WIB

Harga Cabai Diprediksi Stabil Saat Ramadhan

Red:

JAKARTA -- Harga cabai dan bawang merah diprediksi stabil pada Ramadhan hingga Idul Fitri 2015. Kondisi itu didukung panen raya dua komoditas tersebut yang akan dilakukan pada Juni mendatang.

"Harga cabai merah di tingkat petani di bawah Rp 30 ribu per kilogram (kg), harga ini kita temukan di 20 daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Sulawesi Selatan," kata Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kemetan) di Jakarta, belum lama ini.

Harga cabai turun dari sebelumnya menyentuh Rp 35 ribu per kilogram pada April. Untuk harga bawang merah di tingkat petani, lanjut dia, di kisaran Rp 22 ribu per kg. Kondisi tersebut terjadi di 16 daerah di kawasan serupa dengan pemantauan cabai. Sebelumnya pada April, harga bawang merah sempat mencapai Rp 23 ribu per kg.

Meski demikian, Kementan tetap mengantisipasi lonjakan harga karena hambatan distribusi. Antisipasi dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah daerah. "Kita dorong agar mereka secara mandiri mengawal distribusi," tuturnya. 

Kementan juga mengalokasikan anggaran Rp 500 miliar dari APBNP 2015 untuk menjaga produksi bawang merah dan cabai. Upaya tersebut dilakukan dengan Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah di Musim Kering. "Untuk 2016 kita bahkan akan menaikkan alokasi anggarannya menjadi Rp 2-3 triliun," ujarnya. N sonia fitri ed: nur aini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement