Senin 20 Oct 2014 17:18 WIB

Jokowi - JK Dilantik

Joko Widodo (Presiden RI)
Joko Widodo (Presiden RI)

Polda Metro Jaya menurunkan 24 ribu personel amankan Jakarta.

JAKARTA -- Senin, 20 Oktober 2014, menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) hari ini menjalani prosesi pelantikan di gedung MPR/DPR, Jakarta. Dalam suasana santai, keduanya, kema rin, merampungkan geladi resik pelantik an di Kompleks Parlemen, Senayan, Ja karta.

Meski masih terlihat kaku dalam mengikuti rangkaian prosesi pelan tik an, Jokowi dan JK mengaku siap mengha - dapi hari besar mereka pada hari ini. Jokowi mengaku tidak me miliki per siap - an khu sus selain minum jamu temulawak. "Yang dipersiapkan untuk besok (hari ini) hanya minum jamu," kata Jokowi kepada wartawan seusai geladi resik, Ahad (19/10).

Berbeda dengan Jokowi, JK menyatakan tidak ikut-ikutan minum jamu seperti presiden terpilih. Dalam usianya yang 72 tahun, JK mengaku fisiknya masih sehat dan bugar. Menurut JK, persiapan paling penting adalah menyetrika pakaiannya sebelum berangkat ke acara pelantikan. JK pun sempat bertanya ke pada Jokowi, "Sudah cukur rambut, Pak Jokowi? Harus cukur rambut dulu," kata JK.

JK mengatakan akan mengenakan jas dan sepatu produk lokal dalam acara pelantikan hari ini. Ia merasa bangga dapat mengenakan barang-barang buatan dalam negeri dalam pelantikannya yang kedua sebagai wakil presiden. "Sudah disiapkan, JK besok pakai sepatu JK Collection buatan Cibaduyut dan jas Laondry. Keduanya merupakan produk lokal," kata sekretaris pribadi JK, Husein Abdullah. Iriana Widodo, istri Jokowi, mengaku menyiapkan sendiri jas yang akan dipakai oleh suaminya untuk pelantikan.

Menurut Iriana, ia sendiri yang turun tangan dalam memilih bahan sampai menentukan model jas ke penjahit. "Bapak dari dulu sampai sekarang bajunya pasti saya yang menyiapkan. Kalau batik, pasti saya menyiapkan tiga, nanti dipilih yang mana," kata Iriana. Ketua MPR Zulkifli Hasan, kemarin, menyatakan, persiapan sidang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sudah mencapai 99 persen. Persiapan pelantikan, kata Zulkifli, hanya menyisakan permasalahan teknis penempatan mikrofon dan posisi-posisi berdiri para tamu. "Kesiapannya sudah 99 persen, tidak ada halangan," ujar Zulkifli, Ahad (19/10).

Zulkifli menerangkan, sidang pelantikan Jokowi-JK akan dihadiri sejumlah kepala negara, seperti perdana menteri Singapura, perdana menteri Malaysia, sultan Brunei, presiden Timor Leste, dan lain-lain. Unsur-unsur perwakilan negara-negara sahabat, seperti menteri luar negeri Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan, juga dikonfirmasi hadir.

Ketika ditanya apakah mantan calon presiden Prabowo Subianto juga akan hadir, Zul kifli menjawab, ia telah mengantarkan langsung undangan kepada Prabowo. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Ronny F Sompie mengatakan, pengamanan menjelang pelantikan Jokowi-JK tidak hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga dilakukan di daerah-daerah seluruh Indonesia.

Ronny menerangkan, pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih adalah rangkaian dari operasi pengamanan Mantap Brata 2014 untuk mengamankan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014. Menurut Ronny, kondisi keamanan di semua daerah rawan konflik, seperti Aceh dan Papua, hingga kini masih terpantau kondusif.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan, pihaknya akan menurunkan 24 ribu personel kepolisian. Pengamanan pelantikan Jokowi-JK akan dilakukan di beberapa titik penting Kota Jakarta. "Sudah kita persiapkan 24 ribu dari DPR (gedung), seluruh Jakarta, Semanggi, Hotel Indonesia, sampai Istana dan Monas," kata Rikwanto, Ahad (19/10). (antara/c62/c89, ed: andri saubani)

Dari Senayan Menuju Istana Negara

11.45 WIB

Jokowi-JK bertolak dari gedung MPR/DPR setelah resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

12.00 WIB

Jokowi-JK tiba di Semanggi untuk selanjutnya bersama arak-arakan menuju Istana Negara.

Bagian arak-arakan:

  • Marching band, grup tari (tor-tor, reog, papua, hadrah, sumedang, NTT), barongsai, karnaval batik.
  • Kereta kuda RI-1 yang ditumpangi Jokowi, kereta kuda RI-2 yang ditumpangi JK, dan beberapa kuda pengawal kereta.
  • Konvoi bendera, rombongan andong, konvoi sepeda, kirab musik bamboo, marching band penutup.
  • Rombongan relawan pencinta lingkungan.

13.30 WIB - Di depan Istana Negara, Jokowi-JK melakukan video conference dengan masyarakat.

15.00 WIB - Jokowi-JK masuk ke Istana Negara.

19.00 WIB - Jokowi-JK kembali ke Istana Negara. Doa bersama dan menerbangkan 7.000 lampion.

20.00 WIB - Gala dinner kenegaraan.

21.00 WIB - Jokowi-JK kembali ke Monas untuk acara konser syukuran rakyat bersama band Slank, Gigi, Arkarna, dll.

16.30 WIB - Acara syukuran nasional di Monas, Jokowi-JK potong nasi tumpeng.

Sumber: Panitia Nasional Syukuran Rakyat

Pengolah: Andi Mohammad Ikhbal/c92

Kereta Kencana Diganti Andong

JAKARTA -- Segenap rakyat turut merayakan pelantikan presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla, Senin (20/10). Kirab bu - daya dan syukuran rakyat men - jadi dua rangkaian acara pas - capelantikan. Kirab budaya akan dimulai dari Bundaran Hotel In - donesia (HI) sampai Istana Ne - gara, sementara syukuran rakyat berpusat di Silang Monumen Na - sional (Monas), Jakarta.

Setidaknya ada 50 kelompok relawan yang akan turut serta da - lam rangkaian acara pasca pelan - tikan Jokowi-JK. Para rela wan akan menyumbangkan ber bagai atraksi sebagai bentuk su ka cita terpilihnya Jokowi-JK seba gai presiden dan wakil presi den ke - tujuh Republik Indonesia. \"Ada se kitar tidak kurang dari 50 ke - lom pok relawan,\" kata Ketua Umum Kelompok Barisan Rela - wan Jokowi for President (Bara JP), Sihol Manulang, kepada Republika, Ahad (19/10).

Menurut Sihol, para relawan akan berkumpul di sekitaran Bundaran HI sejak pukul 09.00 WIB. Setiap kelompok relawan, menurutnya, memiliki pos atau tempat berkumpul masing-ma - sing. Sementara, dari kelompok Bara JP sendiri, sekitar 5.000 rela - wan berkaus putih akan ber kum - pul di Bundaran HI. Sihol menerangkan, para rela - wan akan menyaksikan atraksi, di antaranya, barongsai, tarian papua, reog ponorogo, musik bambu dari Sulawesi Utara, tari - an melayu dari Sumatra Utara, dan tari perang Dayak dari Kali - mantan Barat. Arak-arakan kirab budaya itu, kata Sihol, akan meng antar Jokowi-JK sampai ke Istana Negara.

Awalnya, Jokowi dan JK di - ren canakan akan mendatangi Is - tana Negara menggunakan kereta kencana. Namun, rencana terse- but batal dilaksanakan setelah panitia kirab mengganti kereta kencana dengan andong. \"Besok, Pak Jokowi dan Jusuf Kalla akan diarak menggunakan andong, tidak jadi dengan kereta kencana.

Diganti karena ternyata kereta ken cananya belum pernah dipa - kai,\" kata humas relawan syukur - an rakyat, Catharina Widi yas - trini, kemarin.

Perayaan serupa tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di seluruh daerah di Indonesia, mu - lai dari Aceh hingga Papua. War - ga turun merayakan pelantikan Jokowi-JK dengan beragam acara kesenian yang unik. Hingga kemarin, Monas pun terus berbenah menjelang acara syukuran rakyat. Panggung- pang gung dibangun dan disiap- kan di sisi selatan Silang Monas untuk tempat tampil 200-an artis yang akan pentas pada Senin (20/10) dari pagi hingga malam hari. Selain dua panggung statis, panitia pun menyiapkan satu pang gung bergerak (mobile) yang akan bergerak mengelilingi Mo - nas. \"Nanti, akan ada 200 artis yang tampil di tiga panggung itu untuk menghibur masyarakat,\" kata Widiyastrini.

Di Silang Monas, Jokowi-JK akan dijadwalkan melakukan potong tumpeng dan ikut berpes- ta bersama masyarakat yang da - tang. Salah satu band luar negeri, Arkarna, menurut panitia, telah mengonfirmasi penampilan me - reka pada pukul 21.00 WIB. Ada - pun, Slank dijadwalkan menjadi band penutup acara syukuran rakyat.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono menyatakan, ia akan memantau langsung jalannya pengamanan sejak dari DPR, Bundaran HI, sampai Silang Monas. Menurut Unggung, ada 10 titik pengaman - an yang menjadi fokus pihak kepolisian terkait pengamanan pada Senin (20/10). \"Saya me - man tau dari titik pertama, mulai DPR sampai Monas,\" kata Ung - gung, Ahad (19/10).

Unggung menyampaikan, pa - da Senin (20/10), personel polisi sudah mulai bersiaga sejak pukul 06.00 WIB. Para petugas, kata Unggung, tidak akan dibekali senjata lengkap dengan tujuan tidak membuat masyarakat was - was. \"Tidak ada senjata, terutama di titik masa aksi yang berdemon- strasi,\" ujarnya.

Jejaring Rakyat Miskin Indo - nesia (Jerami) juga menyiapkan pesta rakyat di sejumlah kota un - tuk menyambut pelantikan Joko - wi-JK. Pesta rakyat ini telah dimulai sejak Ahad (19/10) hingga Senin (20/10). \"Acara ini kami beri tajuk Jejaring Rakyat Miskin Indonesia Siap Kawal Jokowi,\"

demikian siaran pers Jerami, Ahad (19/10).

Pada momen pelantikan Joko - wi-JK, Jerami Indonesia telah menyiapkan berbagai acara, an - ta ra lain, pembuatan tumpeng raksasa (di tanggul lumpur La - pin do Sidoarjo), karnaval pasuk - an Jerami di Jakarta, dan berba- gai gelaran kesenian rakyat di berbagai kota. Kota-kota itu, antara lain, Makassar, Jakarta, dan Surabaya.

Pesta rakyat dari Jerami Indo - nesia memiliki dua arti, yaitu mengawal pemerintahan Jokowi- JK dengan memberikan masukan dan kritikan terkait dengan program dan kebijakan agar tetap berpihak pada rakyat miskin.

Kedua, mengawal dan memberi - kan dukungan agar pemerintahan Jokowi-JK tidak diganggu oleh kepentingan partai politik atau kepentingan lain yang merugikan kepentingan rakyat.

Jerami adalah sebuah organ- isasi rakyat miskin kota desa yang berada di Aceh, Lampung, Jakar - ta, Surabaya, Sidoarjo, Makassar, Pare-Pare, Kendari, dan Pon - tianak. Jerami bekerja bersama Urban Poor Consortium sebagai pedamping organisasi. Organisasi ini terbentuk sejak 2002 bersa - maan dengan acara dialog rakyat Asia.

Selain dua panggung statis, panitia pun menyiapkan satu pang gung bergerak yang mengeli lingi Mo nas.(c73/c97/c16/c62/elba damhuri, ed:andri saubani)

(Halimatus Sa'diyah, Andi Mohammad Ikhbal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement