Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Meriahnya Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara

Rabu 13 Aug 2014 12:00 WIB

Red:

Di Indonesia perayaan hari kemerdekan selalu disambut meriah di setiap sudut daerah dan kalangan masyarakat dengan berbagai macam tradisi.

Peringatan Hari Kemerdekaan secara besar-besaran juga dilakukan di sejumlah negara setiap tahunnya. Berikut merupakan negara-negara yang memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan.

Amerika Serikat

Heboh Parade dan Piknik

Setiap 4 Juli diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) dan biasanya dirayakan dengan pesta kembang api di sejumlah kota. Warga Amerika memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaan negaranya, yakni dengan melakukan parade dan piknik.

Bahkan, sejumlah restoran di Amerika berlomba-lomba mengeluarkan menu khusus untuk memperingati hari bersejarah tersebut. Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika memang sangat megah. Di setiap wilayah biasanya mengadakan pertunjukan konser yang diisi oleh musisi kelas dunia.

Bahkan di Washington DC, Dinas Kewarganegaraan dan Imigrasi Amerika Serikat selama satu pekan melakukan serangkaian upacara penganugerahan kewarganegaraan kepada lebih dari 8.000 imigran.

Proklamasi kemerdekaan adalah lambang kebebasan yang paling dibanggakan Amerika. Ketika itu, Kongres Kontinental dengan resmi menyetujui proklamasi Amerika untuk membebaskan diri dari kekuasaan Inggris.

India

Menari di Jalanan

Pada 15 Agustus seluruh masyarakat India merayakan kemerdekannya dari pendudukan Inggris dan lahirnya kedaulatan. Perayaan hari kemerdekaan India juga tak kalah meriah. Setiap sudut kota memasang bendera dan umbul-umbul yang menjadi ciri khas. Biasanya perdana menteri India akan secara resmi mengibarkan bendera kenegaraan sebagai penanda perayaan hari kemerdekaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato kenegaraan di tengah kerumunan warga.

Seusai menyaksikan pidato dari sang perdana menteri, masyarakat India langsung turun ke jalan untuk melakukan tarian tradisional dengan penuh sukacita. Pawai besar-besaran dari pasukan militer India juga semakin menambah semarak perayaan kemerdekaan. Hentakan musik dan berbagai macam warna-warni nan cerah membuat peringatan Hari Kemerdekaan India semakin semarak.

Qatar
Pesta Tiga Hari

Perayaan hari kemerdekaan di Qatar merupakan pesta tiga hari yang panjang. Berdasarkan sejarah, Qatar menjadi negara yang merdeka pada 3 September 1971 setelah negaranya didominasi oleh Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah.

Satu pekan sebelum memasuki September, biasanya seluruh masyarakat dan Pemerintah Qatar sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan.

Pemerintah memberikan waktu libur selama tiga hari kepada seluruh warganya agar dapat berpesta merayakan Hari Kemerdekaan Qatar. Pada puncak perayaan, pemerintah Qatar mengadakan parade militer dengan menampilkan jet-jet tempur yang menghiasi angkasa dan atraksi terjun payung.

Kekuatan maritim Qatar juga ikut memamerkan kapal-kapal laut yang mereka miliki. Parade ini terbuka untuk umum, bahkan banyak wisatawan yang tertarik dan berbondong-bondong menyaksikan parade megah tersebut sehingga jalanan menjadi tumpah ruah.

Sedangkan, di berbagai kota lainnya hari kemerdekaan tersebut dirayakan dengan pertunjukan kesenian dan kebudayaan dengan menampilkan tarian pedang.

Ukraina
Pesta Kembang Api

Hari Kemerdekaan Ukraina merupakan waktu khusus untuk semua warga dan pemerintah memberikan waktu libur bagi semua pekerja serta sekolah dan kampus. Berbagai jenis kegiatan sosial telah disiapkan oleh pemerintah kota masing-masing. Selain itu, anak-anak bisa menikmati pertunjukan sirkus besar yang berlangsung di tengah kota.

Biasanya saat siang hari, seluruh warga Ukraina akan pergi ke sebuah pasar besar dan berbelanja berbagai macam kebutuhan untuk merayakan pesta pada malam hari. Puncak Hari Kemerdekaan Ukraina, yakni diselenggarakannya pesta kembang api besar-besaran di pusat kota. Setelah itu, biasanya mereka akan berpesta dan makan bersama-sama dengan keluarga, teman, maupun kerabat.

Arab Saudi
Pasar Malam Besar-besaran

Setiap 23 September, masyarakat Arab Saudi merayakan hari kemerdekaan dengan pasar malam besar. Satu hari menjelang perayaan, biasanya berbagai macam acara sudah digelar dengan menampilkan tarian tradisional di berbagai wilayah.

Sebelumnya, Arab Saudi tidak pernah merayakan hari kemerdekaan karena menurut pandangan ulama memperingati hari lahir tidak pernah diajarkan oleh Rasul dan dianggap sebagai kegiatan bid’ah.

Namun, sejak Raja Abdullah naik takhta pada 2005, Arab Saudi menjadikan hari kemerdekaan sebagai libur nasional dan mulai digelar berbagai macam perayaan.
Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir warga Arab Saudi sangat antusias menyambut hari kemerdekaan dengan memasang berbagai spanduk dan bendera di berbagai penjuru kota. Anak-anak muda biasanya menghias mobil mereka dengan atribut Saudi dan berbagai macam acara digelar di pusat keramaian, salah satunya pasar malam.

Meksiko
Rodeo, Adu Banteng, dan Jambu Biji

Perayaan kemerdekaan di Meksiko juga tak kalah semarak. Setiap 16 September, seluruh masyarakat Meksiko menghias berbagai sudut jalan dengan warna merah, putih, dan hijau sesuai dengan warna bendera negara mereka.

Seperti negara lain pada umumnya, presiden Meksiko akan memberikan pidato kenegaraan di hadapan kerumunan warganya. Seusai pidato, biasanya presiden akan meneriakkan kata tradisional "grito" yang berarti pekikan kemerdekaan.

Hal ini merupakan sebuah tradisi untuk menghormati teriakan panggilan berjuang yang diserukan Miguel Hidalgo ketika berupaya memperjuangkan kemerdekaan Meksiko.
Setiap kota di Meksiko merayakan hari kemerdekaan dengan cara berbeda. Di Kota Chalma, warga merayakan pertempuran ulang antara pasukan Spanyol dan pejuang Meksiko. Perang ini cukup unik karena setiap warga akan saling melemparkan jambu biji kepada warga lainnya. Selain itu, di wilayah lainnya ada yang menggelar parade, adu banteng, dan rodeo. N ed: endah hapsari

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA