Jumat 18 Nov 2016 17:00 WIB

Bank BJB Bidik Posisi 10 Besar di Tanah Air

Red:

DENPASAR  --  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau yang dikenal Bank BJB, menargetkan masuk 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia sesuai dengan rencana bisnis bank (RBB) yang ditetapkan. Saat ini, emiten yang berkode BJBR tersebut menempati posisi ke-14 dari 118 bank di Tanah Air.

"Kami optimistis, melalui hubungan industrial yang harmonis dan produktif ini, Bank BJB akan menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Tanah Air," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan di Bali, Kamis (17/11).

Irfan mengatakan, keberadaan Serikat Karyawan (Sekar) sangat mendorong sumber daya manusia (SDM) Bank BJB menjadi lebih produktif dan kompeten. Hubungan produktif ini, menurut Irfan, merupakan wujud implementasi good corporate governance (GCG) di tubuh Bank BJB.

Harmonisasi hubungan manajemen dan Sekar Bank BJB selama ini banyak membuahkan hasil yang positif. Di antaranya, pertumbuhan laba bersih Bank BJB pada bulan September 2016 mencapai 55,6 persen year on year (yoy), melebihi rata-rata pertumbuhan bank nasional.

Sepanjang kuartal I 2016, BJB meraup laba Rp 449 miliar, meningkat 15,8 persen dibanding dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 388 miliar. Kenaikan laba ini ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 26,9 persen yoy menjadi Rp 2,74 triliun.

Sementara, kredit bank tumbuh 11,4 persen, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 11,9 persen, dan kredit macet atau non performing loan (NPL) turun 2,8 persen. Sedangkan, untuk aset BJB secara keseluruhan Rp 95,7 triliun, meningkat 9,3 persen di atas pertumbuhan rata-rata nasional perbankan.

Pencapaian itu tidak lepas dari kualitas SDM yang dimiliki oleh Bank BJB yang mencapai 7.535 karyawan. Irfan mendorong seluruh karyawan Bank BJB untuk menjadi anggota Sekar Bank BJB. Saat ini, jumlah anggota Sekar Bank BJB sudah mencapai sekitar 5.500 karyawan. 

Ketua Umum Sekar Bank BJB, Juniardi Swastria mengatakan, Sekar Bank BJB sangat mendukung visi Bank BJB dalam menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Tanah Air. Menurut dia, antara visi Sekar dan perusahaan sangat selaras. "Kami memiliki tujuan satu, yakni memajukan perusahaan. Satu untuk Bank BJB," ujar Juniardi.

Kata Juni, panggilan Juniardi Swastria, ini kemajuan Bank BJB sangat terasa dampak positifnya bagi karyawan. Karena itu, kemajuan bisnis Bank BJB merupakan kemajuan Sekar Bank BJB juga. Pihaknya tidak akan berhenti mendorong seluruh anggotanya untuk terus menjadi SDM yang profesional dan kompeten.

Dari sisi kredit, pada kuartal II 2016, tercatat secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 15,2 persen yoy. Kenaikan kredit ini utamanya didorong oleh kredit komersial dan konsumer, yaitu 41,9 persen yoy dan 14,5 persen yoy.

Bank BJB menargetkan pertumbuhan kredit bisa mencapai 13 - 14 persen hingga akhir tahun 2016. Pada kuartal III 2016 pertumbuhan kredit Bank BJB relatif sama dengan Juni 2016, yaitu 15,2 persen yoy.    rep: Sandy Ferdiana, ed: Citra Listya Rini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement