Rabu 21 May 2014 13:00 WIB
Edukasional

Perguruan Tinggi Rusia Tawarkan Beasiswa

Red:

oleh:c61 -- BANDUNG -- Sejumlah perguruan tinggi (PT) di Rusia menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Menurut Anna Shaposhinkova, sekretaris II Kedubes Rusia,  saat ini ada dekitar 250 mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Rusia. Hal itu cukup untuk menggambarkan bahwa Rusia sudah menjadi destinasi pendidikan. ''Rusia sudah 300 tahun lebih mengenal pendidikan,'' ujar Anna, saat presentasi di acara Esco 2014 di kampus Unpad, Bandung, Selasa (20/5).

Menurutnya, sekitar 312 universitas yang tersebar di 60 kota di Rusia menerima mahasiswa asing. Angka tersebut,  kata Anna, membuktikan jika pendidikan di Rusia ramah bagi semua orang.  Anna menjelaskan proses pendaftaran beasiswa di Rusia sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan program studi serta PT yang dituju.

Anna menekankan, calon mahasiswa harus memilih sesuai bakat, bukan sesuai keinginan. Sebab, sistem belajar di Rusia berbeda dengan PT di Indonesia. Sistem belajar di PT Rusia kata dia, sangat intensif, dari pagi hingga sore. Bahkan, jika hari ini mahasiswa diberi tugas, keesokan harinya harus sudah dikumpulkan.

Hal itu, menurut Anna, mungkin menjadi hambatan besar bagi mereka yang malas, tetapi tidak bagi yang memiliki ambisi besar. ed: andi nur aminah

sumber : http://pusatdata.republika.co.id/detail.asp?id=737321
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement