Jumat 27 Nov 2015 11:00 WIB

Festival Robotik Madrasah Buktikan Siswa Madrasah Berprestasi

Red:

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah mengadakan Madrasah Robotik Festival, ajang perlombaan robotik madrasah se-Indonesia.

Ajang ini merupakan perlombaan robotik pertama dengan peserta siswa madrasah. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan perlombaan robotik madrasah adalah wujud perhatian dan kepedulian masa depan siswa madrasah di bidang teknologi.

Nur Syam menyebut selama ini sudah mulai bermunculan siswa-siswi madrasah yang sudah turut serta dalam perlombaan robotik tingkat nasional maupun internasional, seperti MTsN Pamulang, MAN 3 Palembang, dan lain sebagainya.

"Perhatian dan kepedulian tersebut lantas diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan event Madrasah Robotic Festival, Festival, dan Lomba Robot Tingkat Madrasah se-Indonesia," kata dia.

Kegiatan yang digelar di Cilandak Town Square pada 22-23 November 2015 itu diikuti oleh utusan tim pelajar madrasah dari beberapa provinsi, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak tujuh Tim, Madrasah Tsanawaiyah (MTs) sebanyak 14 Tim, dan Madrasah Aliyah (MA) 24 Tim.

"Sebagai siswa madrasah harus bangga karena banyak tokoh sukses yang dihasilkan oleh madrasah," ujar Nur Syam menambahkan.

Lomba Robot Tingkat Madrasah yang memperebutkan total hadiah 45 juta tersebut melahirkan juara dari tingkat MI hingga MA. Juara I tingkat MI juara I diraih oleh MI Negeri 1 Malang, Juara II MI Negeri Demangan Madiun, Juara III MI As-Salamah Bogor.

Juara I tingkat MTs diraih oleh MTs Negeri Tigaraksa Tangerang, Juara II MTs Negeri 2 Kediri, Juara III MTs Negeri 1 Yogyakarta. Sementara, Juara I Tingkat MA diraih oleh MA Negeri Pangandaran, Juara 2 MA Negeri 3 Jakarta, dan Juara 3 MA Negeri 3 Palembang. n ed: hafidz muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement