Selasa 31 May 2016 17:00 WIB

Memacu Kapasitas Guru Perempuan

Red:

Penguatan peran perempuan dalam semua aspek kehidupan kini menjadi perhatian serius. Melalui berbagai program, AXA Mandiri dan AXA bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mendorong ketahanan pangan, peningkatan kapasitas guru pendidikan anak usia dini (PAUD) perempuan, serta literasi keuangan kaum perempuan di Kepulauan Seribu.

Langkah ini sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan yang berkesinambungan di kabupaten itu. "Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, AXA Mandiri dan AXA ingin menjadi mitra bagi masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan dengan cara membantu mereka untuk dapat mengantisipasi risiko di masa depan," ujar Presiden Direktur AXA Mandiri Financial Services Jean-Philippe Vandenschrick.

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan program tanggung jawab perusahaan pada 2016 yang fokus terhadap antisipasi risiko.

Jean-Philippe melanjutkan, inisiatif "Berbagi dengan Sahabat Pulau" di Kepulauan Seribu dilakukan melalui bermacam program dan bantuan yang sejalan dengan antisipasi risiko akan iklim, kesehatan, serta keuangan.

Dari sisi antisipasi risiko iklim, perusahaan memberikan pelatihan akuaponik serta alat-alat akuaponik kepada masyarakat lokal guna meningkatkan produksi pangan sehingga tercipta ketahanan pangan pada masa depan. Akuaponik  merupakan sistem pertanian berkelanjutan yang menggabungkan akuakultur dan hidroponik sehingga masyarakat dapat menanam sayur dan membudidayakan ikan secara bersamaan. 

Dari sisi antisipasi risiko keuangan, kata dia, lokakarya literasi keuangan diberikan kepada kaum ibu di Kepulauan Seribu untuk membantu mereka menjadi perencana keuangan yang baik bagi keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan karena selaras dengan program nasional Literasi Keuangan gagasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, perusahaan juga memberikan pelatihan Metode Membaca Nyaring kepada guru PAUD perempuan serta orang tua di kepulauan ini. Kegiatan ini guna meningkatkan kapasitas kaum Hawa serta menumbuhkan minat membaca kepada anak-anak.

Sebagai perusahaan berpengalaman dalam bidang perlindungan kesehatan, Axa Mandiri juga mendistribusikan peralatan untuk menimbang bayi dan anak-anak ke posyandu di seluruh Kepulauan Seribu demi membantu masyarakat serta pemerintah lokal dalam memantau kesehatan generasi masa depan.

"Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap kesehatan bagi bayi dan anak-anak di daerah ini. Kami percaya, peralatan ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam proses tumbuh kembang mereka," ujar Benny Waworuntu, chief corporate affairs officer AXA Indonesia.

Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo menyambut  baik program ini. Dia percaya, program sosial ini akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat lokal.

"Program dan aktivitas AXA Mandiri dan AXA ini sangat positif. Kami percaya program ini akan meningkatkan pembangunan Kepulauan Seribu dan membuat masyarakat menjadi lebih maju dan sejahtera," ujarnya.   rep: Dian Fath Risalah, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement