Kamis 26 Nov 2015 13:00 WIB

Menginspirasi ke Bulan Lewat Minuman

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Menginspirasi ke Bulan Lewat Minuman


Mau jalan-jalan ke bulan? Tentu saja itu pernah tebersit di benak atau mimpi orang-orang di masa kanak-kanaknya. Rupanya, merek minuman isotonik asal Jepang, Pocari Sweat, ingin membangkitkan mimpi tersebut dalam program Lunar Dream Project yang diluncurkannya.  

Melalui program Lunar Dream Project, Pocari Sweat mencoba memberikan nilai lebih, yakni tak sekadar memberi ikan, tetapi juga kail untuk memancing. Lunar Project Dream diharapkan dapat senantiasa menginspirasi bangsa, terutama generasi muda. 

Program pengiriman Pocari Sweat ke bulan tersebut diharapkan menjadi inspirasi untuk memajukan sains kepada masyarakat. Caranya adalah dengan kampanye lewat seminar maupun pelatihan terkait sains dan teknologi, khusus untuk anak sekolah SD dan SMP. 

Head of Marketing Pocari Sweat Daniel Pieter menjelaskan, Lunar Dream Project bertujuan agar generasi muda berani mewujudkan mimpinya, terutama di bidang sains dan teknologi. Daniel menilai urusan sains dan teknologi, minat anak-anak Indonesia masih tertinggal dari negara semisal Jepang atau Hong Kong. Program ini ditujukan bagi konsumen Pocari Sweat di seluruh dunia dan akan diluncurkan di Florida, Amerika Serikat.

"Misalnya ketika generasi muda suatu hari sampai di bulan, mereka bisa minum Pocari Sweat di sana. Visi besar proyek ini sebenarnya adalah agar menginspirasi para anak muda untuk lebih tertarik pada dunia sains dan teknologi," kata Daniel di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara Nobu Okada, founder dan CEO Astroscale sebagai pihak yang memimpin keseluruhan desain dan manajemen teknologi Lunar Dream Project, menjelaskan, Pocari Sweat dibawa oleh pesawat tanpa awak moon lander "Griffin". Rencananya, pengiriman membutuhkan waktu tempuh dari bumi sekitar 380 ribu km. 

Pocari Sweat yang dikirimkan ke bulan berbentuk bubuk di dalam time capsule yang dirancang khusus untuk misi ini. Kapsul tersebut didesain menyerupai kaleng Pocari Sweat yang tahan lama di ekosistem bulan. Diharapkan, Pocari Sweat menjadi minuman komersial pertama yang mendarat di bulan. "Rencananya, time capsule Pocari Sweat dijadwalkan meluncur ke bulan pada musim panas 2016," katanya menjelaskan.

Secara mengejutkan, pada akhir 2009, National Aeronautics and Space Administration (NASA) menemukan bukti tanda-tanda adanya air di bulan. Proyek Pocari Sweat ini, kata dia, sekaligus merupakan bentuk menindaklanjuti penemuan tersebut. 

Sejalan dengan peluncuran ini, Pocari Sweat menawarkan paket kemasan isi enam botol 350 ml seharga Rp 50 ribuan yang bisa didapatkan di gerai 7-Eleven. Kemasan dusnya bisa dijadikan mainan menarik, terutama bagi anak-anak. Cukup ikuti instruksi yang tertera pada kemasan, seperti mengunduh aplikasi Lunar Project Dream terlebih dulu pada ponsel pintar.

Setelah itu, masukkan ponsel pintar ke dalam kardus yang telah digunting dan dirakit, lalu nikmati permainan dengan cara membidikkan mata Anda. Dus kemasan tersebut memang dilengkapi sebuah lensa untuk kenyamanan bermain game. Permainannya tak jauh dari berbagai misi menuju maupun saat kita tengah berada di bulan. n c19 ed: dewi mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement