Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

serbaserbi

serbaserbi- Orang Brasil Jarang Gemari Klub Luar Negeri

Rabu 18 Jun 2014 14:00 WIB

Red:

SAO PAOLO -- Kehidupan masyarakat Brasil bisa dibilang mirip dengan Indonesia. Masyarakat Brasil termasuk ramah, kekeluargaan, dan religius. Seperti sebagian besar masyarakat Indonesia, masyarakat Brasil juga sangat menggemari sepak bola.

Setiap keluarga pasti memiliki klub sepak bola yang dijadikan idola. Pasangan suami istri Miguel dan Ira (60 tahun) di Diadema mengaku sebagai penggemar fanatik Corinthians. Logo klub Corinthians juga betebaran di beberapa sudut rumahnya. Uniknya, saudara Miguel, Dauglas, yang tinggal di Jabaquara justru mengaku penggemar berat seteru Corinthians, Palmeiras.

Lain lagi dengan keponakan Miguel, Alex, ia mengaku penggemar klub Sao Paulo. Kebetulan Sao Paulo, Corinthians, dan Palmeiras adalah tiga klub lokal Brasil yang sama-sama bermarkas di Kota Sao Paulo. Rata-rata, warga di Sao Paulo ketika ditanya soal klub akan menjawab menjadi fans fanatik salah satu klub itu.

Lantas, apakah mereka menggemari klub-klub Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, AC Milan, atau Bayern Muenchen? Inilah perbedaan masyarakat Indonesia dengan Brasil. Jika orang Indonesia rata-rata menggemari klub yang berbasis di Eropa, orang Brasil memilih sebaliknya. Mereka tetap menggemari klub dalam negeri. Bahkan, Miguel mengaku tak terlalu mengenal klub seperti Manchester United. Wah ....
rep:endro yuwanto ed: fernan rahadi

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA