Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Imunisasi Kanker Serviks

Selasa 14 Feb 2012 15:00 WIB

Red: Mohamad Afif

Imunisasi Kanker Serviks


Pertanyaan :

Dok, saya mau tanya, jika sudah menikah, apakah bisa untuk melakukan imun kanker serviks? Dan apakah itu perlu? Saya sering keputihan, tetapi tidak gatal dan berbau, keputihan sering terjadi biasanya seminggu sebelum haid atau seminggu sesedah haid, apakah itu normal dok? Haid saya rutin tiap bulan. Mohon bantuan penjelasannya.Terima kasih.

Dewi 25 tahun, Semarang



Jawaban :


Salam bagi Ibu Dewi, terkait dengan kesadaran untuk melakukan imunisasi kanker serbiks dalam hal ini tentu merupakan sebuah hal yang baik dalam menjaga secara preventif kemungkinan penyakit kanker serviks atau dikenal sebagai Silent Killer.

Imunisasi kanker serviks sangat baik dan bermanfaat, diperkirakan bila seluruh wanita mendapatkan imunisasi kanker serviks, maka penderita kanker serviks akan turun hingga 90%. Imunisasi kanker serviks tidak dianjurkan pada masa kehamilan, karena belum diketahui keamanannya, tetapi boleh dilakukan pada ibu yang sedang menyusui, sesuai dengan konsultasi dan arahan medis terkait.

Keputihan tidak selamanya karena ada kuman/ infeksi, dapat pula disebabkan oleh kemungkinan karena faktor hormonal atau dapat pula yang paling ditakutkan sebagai Indikator adanya kanker serviks. Pemeriksaan melalui pap smear perlu dilakukan dan konsultasi serta observasi fisik oleh dokter Kandungan, oleh sebab itu untuk memastikannya sebaiknya ibu perlu pemeriksaan lanjutan ke Dokter Spesialis Kandungan serta Kebidanan. (SC)

Dr. Samson Chandra, SpOG, D.MAS

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA