Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Benarkah Bisnis Online Memberikan Keuntungan Besar dengan Modal Minimal?

Kamis 21 Jul 2011 14:36 WIB

Red: Mohamad Afif

Benarkah Bisnis Online Memberikan Keuntungan Besar dengan Modal Minimal?

Pertanyaan :

Apakah benar, menjalankan bisnis online itu sedikit mengeluarkan biaya dan bisa memberikan keuntungan yang besar? Bagaimana menurut Anda, iklan-iklan yang muncul di internet yang menjanjikan keuntungan yang berlebihan seperti bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan hanya bermodalkan bisa mengetik dan internet saja?

Mohon pencerahannya

Hadi, Cibinong


Jawaban :

Salam Kenal Pak Hadi!

Bisnis online memiliki sifat low budget high impact, yang artinya dengan biaya rendah bisa memperoleh keuntungan yang besar. Kenapa budget bisa rendah, karena berbisnis online modal awal utama yang dikeluarkan hanyalah koneksi internet, knowledge dan trust. Saat ini banyak yang hanya duduk di depan komputer atau laptop bisa menghasilkan omset hingga ratusan juta rupiah per bulan. Akan tetapi perlu dicatat, semakin besar bisnis online akan semakin banyak melibatkan dunia offline juga akan semakin banyak modal yang harus dikeluarkan.

Yang harus dilakukan dalam mengawali bisnis online adalah menginvestasikan waktu Anda untuk belajar sebanyak-banyaknya tentang mencari produk yang bagus untuk dijual, menemukan cara terbaik untuk berjualan, bagaimana melayani pelanggan yang baik, dan lain-lain. Seiring dengan itu tumbuhkan trust terhadap Anda secara personal dan terhadap bisnis Anda.

Di mana tempat belajar berbisnis online? Coba ikuti forum-forum online yang membahas bisnis, ikuti juga komunitas-komunitas bisnis yang ada, dan ikut training berbayar jika Anda memiliki uang lebih. Forum-forum online membahas bisnis saat ini sudah cukup banyak, misalnya sub forum Business Board di Kaskus, forum adsense Indonesia ( adsense-id.com), Warrior forum (forum luar negeri), juga bisa ikut komunitas seperti www.Tangandiatas.com atau Komunitas pengusaha muslim indonesia dsb.

Iklan-iklan di internet menjanjikan keuntungan berlipat?

Memang banyak bisnis di internet yang bisa menghasilkan keuntungan berlipat, tetapi Anda harus berhati-hati dan kritis terhadap iklan yang secara bombastis menawarkan keuntungan puluhan atau ratusan juta perbulan. Pada prinsipnya meskipun bisnis online itu sifatnya low budget high impact, tapi tidak instan, perlu proses belajar dan sering tidak mudah. Iklan yang menawarkan kaya secara instan biasanya hanya untuk tujuan mendapatkan komisi dari viral marketing atau pyiramid scheme.

-Abah Raditya-

Konsultasi Bisnis Online ini diasuh oleh Bisnisiana
Anda memiliki permasalahan seputar bisnis online ? silakan kirimkan pertanyaan Anda ke email : bisnis@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA