Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Adventure to Bromo ala Komunitas Motor @ScorpioClub225

Kamis 06 September 2012 11:18 WIB

Red: Miftahul Falah

SC 225 Adventure to Bromo.

SC 225 Adventure to Bromo.

Foto: SC225

Gunung Bromo, Jawa Timur jadi pilihan Scorpio Club 225 (SC225) touring akbar tahun ini dengan tema “ADVENTURE TO BROMO”. Touring ke salah satu obyek wisata di Jawa Timur ini merupakan penantian panjang, setelah pada akhir tahun 2010 hingga pertengahan 2011 lalu Gunung Bromo mengalami erupsi. 

Di hari pertama, rute yang ditempuh menuju Kota Malang (kota tempat singgah menuju Gunung Bromo) yakni Kalimalang (start point)-Bekasi-Cikampek-Sukamandi (Subang)-Indramayu-Cirebon-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal-Semarang-Salatiga-Gemolong (Sragen). Pada hari kedua yakni Gemolong (Sragen)-Ngawi-Nganjuk-Kediri-Batu Malang-Malang. Perjalanan ditempuh dengan kecepatan rata-rata 90 Km/jam, dengan istirahat per 2 jam perjalanan selama 20 menit. 

Tidak ada kendala yang berarti selama perjalanan dari Jakarta-Malang. Rombongan (30 motor, 32 peserta) dijemput oleh komunitas/klub daerah di kota/daerah yang dilewati rombongan.

Sesampainya di tempat penginapan Kota Malang pada hari Kamis, 17 Mei 2012, rombongan memutuskan untuk istirahat. Sehingga, dini harinya (02.00 WIT) dapat melanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo untuk menyaksikan sunrise di puncak gunung.

Rute yang ditempuh menuju Gunung Bromo merupakan Jalur Pananjakan dengan rute Malang-Purwodadi-Nongkojajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan. Jarak tempuhnya sekitar 83 Km (sekitar 2 jam perjalanan). Penanjakan berada di sisi Gunung Bromo, dari sini kita dapat menikmati suasana alam yang ditambah keindahan sunrise maupun sunset.

Jalur untuk ke Penanjakan dapat melalui Pasuruan atau Nongkojajar, yang keduanya akan sama bertemu di Wonokitri untuk selanjutnya lanjut ke Penanjakan. Setiap pengunjung diharuskan membayar biaya tiket sebesar Rp 4.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Setelah dari hamparan pasir, rombongan kembali melalui Jalur Tumpang, Malang, melalui lautan pasir terlebih dahulu. Rutenya Jemplang-Ngadas-Gubuklakah-Tumpang-Pakis-Blimbing-Malang berjarak tempuh sekitar 71 km (sekitar 45 menit perjalanan).

Malam harinya, tim Adventure to Bromo beramah tamah dengan komunitas/klub setempat di penginapan. Selain itu juga kedatangan tamu dari CSC Makasar (Celebes Scorpio Club-Makasar).

Rombongan pada hari Sabtu kembali ke Jakarta dengan rute yang berbeda dari keberangkatan, yaitu lewat Jalur Selatan. Rute yang ditempuh yakni Malang-Blitar-Ponorogo-Cemoro Sewu (Magetan)-Karang Anyar-Solo-Boyolali-Salatiga-Semarang-Kendal. Setelah istirahat di Kendal, rombongan lanjut ke Batang-Pekalongan-Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon-Indramayu-Sukamandi (Subang)-Cikampek-Bekasi-Kalimalang (endpoint). Rombongan pun tiba kembali selamat di Kalimalang (Jakarta) pada hari Minggu, 20 Mei 2012 pukul 17.00 WIB.

Rubrik ini bekerja sama dengan Scorpio Club 225 (SC225)

pengurus_sc225@yahoo.com

@ScorpioClub225

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA