Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

ICID 2013 Siap Digelar di Belanda, Kapan Ya?

Senin 03 Jun 2013 15:45 WIB

Red: Miftahul Falah

PPI Belanda

PPI Belanda

Foto: ppibelanda.org

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda berkolaborasi dengan BNI cabang London, KBRI Belanda, dan Institute of Social Studies akan menggelar International Conference on Indonesia Development (ICID) 2013, 12-14 September mendatang. Mengusung tema "The Innovation-driven Economy as the Fundamental of Indonesian Economic Growtth" ICID akan berlangsung di Den Haag, Belanda.

ICID berhasil mengumpulkan 483 abstrak menyusul ditutupnya Call For Paper untuk konferensi yang digelar 30 April lalu. 483 abstrak ini terkumpul dari 100 institusi lebih yang tersebar di 19 negara di dunia. Tidak hanya warga negara Indonesia, beberapa nama pengirim bahkan datang dari pelajar dan pakar berkewarganegaraan asing. Ini menunjukkan antusiasme yang baik terhadap program ICID 2013.

Selain menyampaikan makalahnya, ICID 2013 juga membuka kesempatan bagi peserta sebagai observer. Kesempatan ini mulai dibuka pada 1 Juni hingga 31 Juli 2013.

Ridwansyah Yusuf Achmad, Sekjend PPI Belanda mengungkapkan, ICID 2013 merupakan wahana yang tepat bagi pelajar Indonesia untuk bisa mengekspresikan gagasannya tentang pembangunan Indonesia. Juga, menjadi sebuah kesempatan untuk beradu argumen dalam forum ilmiah internasional.

Sebagai bentuk nyata kerja sama antara ICID dengan BNI London, ICID menggelar kompetisi bertajuk ICID-BNI London Competition. Selain berisi lomba essay, ada juga kompetisi jingle dan video dengan total hadiah 10 ribu Euro. Hadiah utamanya sendiri berupa tiket pesawat Amsterdam – kota Domisili (pp) plus akomodasi selama ICID 2013 berlangsung.

ICID – BNI London Competitions ini bertujuan untuk mewadahi pemuda (pelajar dan mahasiswa) Indonesia untuk menyampaikan pemikiran dan ide-idenya yang tak terbatas pada sekat atau batasan apapun. Oleh karena itu, Chairman ICID 2013, Rihan Handaulah sengaja tidak memilih tema yang spesifik. "Kami yakin ada beribu pemikiran dan cara yang bisa diperbuat untuk Indonesia," katanya.

Kompetisi tambahan ini tidak dipungut biaya dan seluruh pelajar Indonesia bisa mengikuti kompetisi ini. Keterangan lebih lanjut tentang panduan mengikuti lomba bisa dilihat di www.icid.ppibelanda.org atau kontak panitia melalui email di info@icid.ppibelanda.org dan twitter @ICID_2013.


Sampai jumpa di Den Haag!



Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA