Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

100 Mahasiswa Indonesia di Cina Ikuti Latihan Kepemimpinan

Senin 22 Apr 2013 12:24 WIB

Red: Miftahul Falah

Leader (ilustrasi)

Leader (ilustrasi)

Foto: chenpr.com

GUANGZHOU – Sebanyak 100 mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di China, mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Jumat (12/4) hingga Ahad (14/4). Ketua Panitia Suryanto Aliejadi Lo menjelaskan, para peserta terdiri dari Pengurus 14 Cabang Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) tingkat provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Tiongkok.

"Karena keterbatasan tempat, untuk angkatan I kami batasi 100 orang," kata Suryanto.

Para peserta tidak tidur di hotel ataupun asrama, tetapi di tenda-tenda yang disediakan panitia. "Cuaca sudah tidak terlalu dingin sehingga kami berani mengadakan acara ini di outdoor," tambahnya.

Upacara pembukaan di Kawasan Zhongsan Gongyuan Qian Lu Nei, Guangzhou dilakukan oleh Atase Militer KBRI Tiongkok Kolonel Heru Setio mewakili Duta Besar. Para peserta memperoleh pembekalan materi kepemimpinan dari Ketua Komisi II DPR RI Drs Agun Gunandjar Sudarsa BcIP MSi, Ketua Umum DPP KNPI Taufan EH Rotorasiko, Protocol Consular Affair KJRI Guangzhou Andy Ardiansyah dan Ketua Umum PPI Tiongkok Trisna Metta Widyani.

"Latihan Kepemimpinan ini kami disain dengan ceramah, dialog, memecahkan persoalan, simulasi, outbound dan permainan," tutur Suryanto.

Sekjen PPI Tiongkok Wenny Artha Lugina menambahkan, pada 25 Mei mendatang pihaknya akan menggelar acara Jiayou Indonesia (JI) di Kota Beijing. Acara tersebut akan dibuka Menteri BUMN Dahlan Islan di Peking University.

Selain Jiayou Indonesia, pada kesempatan itu digelar International Economy Forum dengan pembicara Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor, Direktur Paramadina University Anis Baswedan, pengamat ekonomi Fauzi Ikhsan dan Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Teguh Santosa.

"Pada Indonesia Night Festival, akan dimeriahkan penampilan Katon Bagaskara dan berbagai kesenian khas daerah Indonesia," kata Wenny. (Agus Fathuddin Yusuf)

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA