Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Roy Suryo Hadiri OLIMPPIA 2013

Senin 15 Apr 2013 09:47 WIB

Red: Miftahul Falah

Olimppia 2013

Olimppia 2013

Foto: PPI

OLIMPPIA (Olimpiade Persatuan Pelajar Indonesia di Australia) adalah acara olahraga yang diselenggarakan dua tahun sekali. Acara berskala nasional ini pertama kali diadakan di Melbourne pada tahun 2006. Sejak itu, OLIMPPIA selalu diadakan bergantian di berbagai state di Australia.

Tahun ini, State Victoria berkesempatan menjadi tuan rumah OLIMPPIA yang ke-4. Kali ini, ada empat cabang pertandingan yang dilombakan, yaitu Futsal (Putra), Basketball (Putra dan Putri), Badminton (Putra dan Putri) dan juga Table Tennis (Putra).

Tema yang digunakan tahun ini adalah "Glory in Unity". Ini mengartikan bahwa OLIMPPIA mengutamakan kebersamaan dari semua kalangan mahasiswa di Australia, serta sportivitas dalam memperebutkan titel "Grand Champion".

OLIMPPIA 2013 sendiri berlangsung pada tanggal 15-17 Maret 2013. Dalam pembukaan perayaan olahraga ini, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Roy Suryo berkesempatan untuk hadir. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Indonesia Nadjib Riphat Kesoema.

Acara ini mempunyai empat lokasi pertandingan yang berbeda yaitu Kensington, Victoria University, Melbourne University dan Deakin University. Pertandingan pun berlangsung meriah karena diikuti sebanyak 94 atlet dari Victoria, New South Wales, Australia Capital Territory, Western Australia, Queensland and South Australia.

Sebagai penutup, closing ceremony OLIMPPIA 2013 diadakan di Sport Center Melbourne University. Selain pembagian medali bagi para pemenang di berbagai cabang olahraga, ada juga award lain yang diberikan oleh panitia. Salah satunya yakni "The Most Solid Team" yang dimenangkan oleh perwakilan dari state Australian Capital Territory. Setelah akumulasi medali dari semua perwakilan State, akhirnya diumumkan bahwa Victoria sebagai Grand Champion.

Pembagian perolehan medali adalah sebagai berikut:

VIC:

2 Golds - badminton men, basketball wonen

3 Silvers - table tennis men, badminton women, basketball men

1 Bronze - futsal

ACT:

2 Golds - table tennis men, badminton women

2 Silvers - basketball women, badminton men

1 Bronze - basketball men

NSW:

2 Golds - futsal, basketball men

QLD:

1 Silver - futsal

Salam Olahraga!

Sabrina Rahman Nur Sary dan Bagus Nugroho 

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA