Selasa 24 Jul 2012 02:30 WIB

PPI Austria Ikut dalam Pemecahan Masalah Global

 Vienna Islamic Centre di Austria.
Foto: de.wikipedia.org
Vienna Islamic Centre di Austria.

REPUBLIKA.CO.ID,Pada tanggal 26 Juni 2012 lalu, melalui pertemuan ke-80 International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA) Council, Indonesia diterima secara resmi sebagai anggota IIASA ke-19.

IIASA adalah suatu organisasi internasional yang berpusat di Laxenbug, sebuah kota kecil di dekat Wina Austria, yang berdiri pada tahun 1972 sebagai institut ilmu pengetahuan internasional yang melaksanakan penelitian komprehensif pada sejumlah isu global yang mengemuka khususnya dalam tiga tema utama yaitu, energy and climate change, food and water, serta poverty and equality.

Undangan kepada Indonesia untuk menjadi anggota IIASA merupakan pengakuan bahwa Indonesia sudah berada di jalan yang tepat untuk menjadi advance-industrialized society. Indonesia sudah menjadi salah satu negara penting yang memiliki kapasitas untuk memberikan kontribusinya bagi penyelesaian masalah global.

Sebaliknya, Indonesia juga dapat mengambil manfaat yang sangat besar dari kapasitas dan jaringan scientific yang dimiliki IIASA, metodologi dan modelling penelitian yang digunakan IIASA, pengalaman mensinergikan lintas disiplin untuk menjawab permasalahan bersama, proyeksi dan estimasi yang dikembangkan, aspek resiko dan kerentanan yang diidentifikasikannya, serta pengalaman mentransformasikan kajian menjadi kebijakan.

Bergabungnya Indonesia dalam IIASA tidak lepas dari kerja keras KBRI Wina dan Kementerian Riset dan Teknologi dalam mengupayakan kerjasama multinasional yang strategis dengan lembaga-lembaga internasional.

Berkaitan dengan persiapan keanggotaan Indonesia di IIASA tersebut, pada 12 Maret 2012, Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia di Austria (PPI Austria) bekerja sama dengan KBRI Wina, IIASA, Vienna University of Technology (TU Wien), Austrian Agency for International Cooperation in Education and Research (OeAD), dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) telah mengadakan seminar bertajuk Earth Resilience atau Ketahanan Bumi

Oleh: Wikan Danar Sunindyo

Mantan Ketua PPI Austria 2009 – 2010

Mahasiswa PhD di Vienna University of Technology

Wina, Austria

sumber : ppi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement