Selasa 30 Nov 2010 18:50 WIB

Abu Vulkanik Gunung Bromo Mengarah ke Probolinggo

REPUBLIKA.CO.ID,PROBOLINGGO--Abu vulkanik Gunung Bromo Selasa pagi terlihat mengarah ke utara atau Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan pantauan ANTARA di puncak Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura dilaporkan, kepulan asap vulkanik berwarna hitam tebal yang mengarah ke Probolinggo tersebut terlihat jelas sekitar pukul 04.00 WIB.

Asap vulkanik tersebut mengakibatkan hujan abu tipis di sekitar Desa Ngadisari yang terletak 3 kilometer dari arah Gunung Bromo. Hujan abu tersebut membuat mobil yang diparkir di sejumlah hotel, salah satunya hotel Lava View terlihat kotor terkena debu. Begitu juga sejumlah pepohonan yang daunnya mulai terlihat kotor akibat debu. "Jaket saya saja juga cepat kotor," kata salah seorang pengunjung Wawan.

Namun demikian, lanjut dia, hal itu tidak menjadikan para pengunjung berhenti melihat keindahan asap Gunung Bromo. Bahkan terlihat sejumlah pengunjung masih menyempatkan diri untuk berfoto-foto.

Sementara itu, petugas di Pos Pantau Gunung Bromo, Mulyono membenarkan abu vulkanik mengarah ke arah utara. "Ini sudah menurun tapi arahnya berubah," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta untuk warga yang berada di Cemorolawang, Ngadisari untuk tetap berhati-hati. Bila perlu ia menyarankan agar warga mulai memakai masker karena hujan abu mulai terjadi di daerah tersebut.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement