Kamis 29 Dec 2016 16:25 WIB

Jelajah ke Flores Terhambat, CAI Alihkan Misi Beri Bantuan Banjir Bima

Tim Jelajah Aylaku Nusantaraku ‘Club Ayla Indonesia (CAI) Gazzz To Florez’ tidak bisa menyeberang dari Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat
Foto: CAI
Tim Jelajah Aylaku Nusantaraku ‘Club Ayla Indonesia (CAI) Gazzz To Florez’ tidak bisa menyeberang dari Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dibalik satu kejadian pasti ada hikmah yang bisa diambil. Setidaknya itu yang dirasakan tim Jelajah Aylaku Nusantaraku ‘Club Ayla Indonesia (CAI) Gazzz To Florez'.

Meski misi harus terhenti di Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat karena alasan cuaca, tim justru mendapat momen hal yang lebih besar. Mereka dapat terlibat langsung dalam meringankan beban korban banjir bandang di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Momski, juru bicara CAI mengatakan, dengan terhalangnya tim menuju ke titik nol Flores untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, justru mereka berkesempatan menambah peran menjadi jelajah kemanusiaan.

"Tim jelajah justru turun tangan, bahu membahu bersama warga Bima untuk membantu korban bencana tersebut," ujar Momski kepada Republika.co.id, Rabu (28/12).

Momski mengatakan, tim jelajah yang terdiri dari tiga orang sebenarnya sudah terhadang banjir bandang saat berangkat menuju Pelabuhan Sape. Tim dihadapkan dengan jembatan yang putus dan genangan air yang membuat tim harus memutar arah.

"Saat tim jelajah di sana, mereka memberikan informasi baik foto dan video yang justru membuat kita merasa harus turun tangan membantu," ujar dia.

Setelah diputuskan perjalanan menuju Flores tidak bisa dilanjutkan karena pelabuhan ditutup karena cuaca, akhirnya CAI memutuskan mengalihkan misi dengan memberi bantuan korban banjir Bima.

Dalam waktu dan koordinasi yang cukup cepat, informasi tersebut langsung sampai ke seluruh Chapter CAI dan dilanjutkan dengan melakukan donasi.

"Supaya cepat, bantuan dikirim dalam bentuk dana ke tim yang ada di Bima kemudian mereka membeli barang kebutuhan sesuai dengan hasil assessment dan sudah dikoordinasikan dengan posko bantuan yang ada disana," ujar Momski.

Bahkan begitu tinggi animo para member CAI untuk berdonasi, bantuan akan diberikan dalam dua tahap.

Saat ini tim Jelajah Aylaku Nusantaraku ‘Club Ayla Indonesia (CAI) Gazzz To Florez' telah dalam rute kembali dan dijadwalkan tiba di titik finish di kota Bandung pada 4 Januari 2017 mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement