Kamis 01 Dec 2016 09:36 WIB

Jambore Malaysia Beri Pengalaman Anggota Gerakan Pramuka

Kontingen Gerakan Pramuka di ajang Jamboer ke-13 Malaysia
Foto: Gerakan Pramuka
Kontingen Gerakan Pramuka di ajang Jamboer ke-13 Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, MALAYSIA -- Jambore ke-13 Malaysia, di Taman Metropolitan, Batu, Kuala Lumpur, Malaysia, akan ditutup pada 1 Desember 2016. Sebanyak 1.565 orang Kontingen Gerakan Pramuka sudah berkemah sejak 26 Desember 2016, terbesar diantara semua negara yang diundang. Mereka berasal dari 18 Kwartir Daerah (Provinsi) di Indonesia.

Karena ini kegiatan di luar ruangan, tentu membutuhkan pengawasan 24 jam super ketat dari Kakak-Kakak pembina. Untungnya Kakak-Kakak pembina ini rata-rata adalah Guru.

“Kadang anak-anak didik mengajak berfoto bersama, lalu mereka posting di media sosial, seketika rasa lelah seharian hilang," ujar Abdul Basit, Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Sulawesi Tenggara.

Apresiasi terhadap Kakak-Kakak pembinanya ini juga disampaikan perserta bernama Haikal (14 tahun), asal Kwarcab Bandung.

“Kegiatan di Jambore Malaysia ini seru-seru, yang paling saya dan teman-teman suka adalah giat air dan petualangan ke bukit-bukit. Terus kalau kita sedang kumpul di lapangan besar, kita diajarkan kebersamaan, kesadaran akan perbedaan secara langsung. Kakak-Kakak pembina, baik dari Indonesia maupun Malaysia tidak pernah marah, mereka seperti orangtua kita di rumah," ujar Haikal saat sedang bersama teman-temannya ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement