Sabtu , 21 May 2016, 10:51 WIB

Mengenal Manfaat Kopi Luwak Probiotik

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Hazliansyah
Proses pengeringan biji kopi Luwak di Bali Pulina
Proses pengeringan biji kopi Luwak di Bali Pulina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Pertanian memproduksi kopi luwak probiotik. Peneliti dari Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Bali Suprio Guntoro mengatakan pihaknya saat ini telah mendapatkan tawaran dari beberapa pihak untuk turut serta membudidayakan kopi luwak probiotik.

Guntoro mengatakan berdasarkan analisa laboratorium bahwa dengan adanya proses fermentasi mikroba probiotik luwak, baik di dalam perut maupun di luar perut luwak, maka akan terjadi pembentukan asam organik yang amat bermanfaat bagi tubuh.

Diantara asam organik yang terbentuk adalah asam butirat dan asam laktat. Asam butirat mempunyai manfaat untuk menekan stres, mencegah kanker usus, dan menekan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan. Sedangkan asam laktat bermanfaat membantu berbagai proses pencernaan.

Sejumlah produsen di Bandung dan Bogor juga telah memperlihatkan minat mereka untuk memproduksi kopi ini. Harapannya, dengan semakin banyak produsen yang mengembangkan kopi luwak probiotik maka target produksi 2.000 kg atau 2 ton pada 2016 bisa tercapai. "Kita memang belum mempunyai target pasti. Tapi kita coba agar produk ini bisa berada di kisaran 1-2 ton pada 2016. Ini nanti bisa bertambah pada tahun-tahun berikutnya," papar Guntoro.

Menurut dia, produsen kopi manapun bisa melakukan kerja sama dengan Balitbang Kementan untuk memproduksi kopi ini. Namun mereka tidak boleh sembarangan, artinya tetap harus mengikuti prosedur dan persyaratan yang dimiliki Balitbang dalam pengembangannya.

Hal ini dilakukan karena Balitbang tidak ingin produk Kopi Luwak Probiotik memiliki rasa yang terlalu bervariasi, dan justru membuat produk ini turun kelas.

"Kita tetap ada syaratnya. Tapi tidak sulit, hanya untuk menjaga produk ini tetap baik," ungkapnya.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan