Selasa , 17 May 2016, 10:44 WIB

Mentan Jamin Komoditas Pangan Cukup Hingga Setelah Ramadhan

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Tahta Aidilla
 Pedagang melayani pembeli di toko Sembako pada salah satu pasar tradisional, Jakarta.
Pedagang melayani pembeli di toko Sembako pada salah satu pasar tradisional, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan ketersediaan komoditas pangan seperti bawang merah, beras dan cabai cukup untuk masa sebelum dan setelah Ramadhan. Pernyataan itu disampaikan Amran dalam pelaksanaan operasi pasar bawang merah di Jakarta, Senin (16/5). Dalam operasi pasar tersebut ketersediaan bawang merah mencapai 300 ton perhari dengan jumlah diperkirakan mencapai 3.000-an ton dalam dua pekan berikutnya yang akan masuk ke Jakarta dan didistribusikan ke pasar-pasar di Jawa dan luar Jawa.

"Jumlah itu lebih dari cukup. Sementara untuk beras, di bukan Mei 2016 ketersediannya dua juta ton, atau dua kali lipat lebih banyak pada waktu yang sama di tahun lalu," ujar Amran.

Dia menambahkan, pemerintah juga menjamin ketersediaan daging sapi dan terus berusaha agar harga daging sapi Rp 85 ribu per kilogram. Sementara terkait operasi pasar bawang merah yang dilaksanakan Perum Bulog bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, pemerintah menyediakan harga bawang merah sekitar Rp 24 ribu per kilogram. Kegiatan ini dilakukan untuk menstabilkan harga bawang merah yang mencapai Rp 40 ribu perkilogram di pasaran.

"Kami ingin ketersediaan bawang merah tidak mengganggu masyarakat yang akan melewati bulan Ramadhan," kata Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti.


Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan