Senin , 18 Apr 2016, 19:50 WIB

400 Ribu Ekor Anjing di Bali Bakal Divaksin Rabies

Red: Dwi Murdaningsih
Kementan
Vaksinasi rabies di Bali.
Vaksinasi rabies di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan menggelar vaksinasi anjing secara massal di Desa Mungu, Kecamatan Badund, Kabupaten Badung. Vaksinasi ini digelar mulai Senin (18/4) hingga Juni tahun ini untuk pemberantasan rabies menyeluruh di Bali.

Direktur Kesehatan Hewan, Ditjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita menurutkan upaya pengendalian rabies di Bali sejak tahun 2010 telah menghasilkan penurunan sebesar 99 persen kasus pada manusia dan penurunan 90 persen kasus pada hewan antara tahun 2011 dan 2013.

Namun, terjadi peningkatan jumlah kejadian kasus rabies pada manusia dan hewan antara tahun 2014 dan 2015. Hal ini berujung pada pelaporan tiga kasus kematian pada manusia yang disebabkan oleh rabies pada tahun 2014 dan kemudian 15 kematian pada manusia akibat rabies pada tahun 2015, sementara kasus rabies pada hewan yang telah terkonfirmasi meningkat menjadi 529 pada tahun 2015.  

Ketut memastikan tahun ini pelaksanaan rabies akan berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pemerintah telah mengerahkan semua sumber daya termasuk dukungan dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (Food and Agriculture Organization of the United Nations-FAO) dan Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE)

“Tahun ini kita pastikan pelaksanaan vaksinasi rabies berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Kita telah mengerahkan berbagai sumberdaya untuk memastikan vaksinasi rabies tahun 2016 berhasil, termasuk juga dukungan dari  Organisasi Internasional dan Badan Kesehatan Hewan Dunia”, ujar Ketut Diarmita saat membuka kegiatan vaksinasi anjing massal.

Ketut menyampaikan untuk menunjang program pemberantasan rabies ini, Posko Rabies sebagai pusat informasi dan komando pemberantasan rabies di Bali telah direvitalisasi dan ditempatkan di Balai Besar Veteriner Denpasar. Dengan bantuan teknis dan pendanaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Bali akan memvaksinasi lebih dari 400.000 ekor anjing dalam beberapa bulan mendatang dan telah membeli vaksin rabies dalam jumlah yang mencukupi yang akan digunakan dalam kampanye tersebut.

Video

Arus Mudik Lebaran, Ketua DPR: Semua Berjalan Lancar