Kamis 06 Oct 2016 13:17 WIB

Keindahan Bawah Laut Indonesia Dikupas Tuntas di Dive Magazine

Penyelam dari komunitas Find My Coral (FMC) Bengkulu menyusun wadah substrat terumbu karang di bawah laut Desa Malakoni, Pulau Enggano, Bengkulu Utara.
Foto: Antara foto/DAVID MUHARMANSYAH
Penyelam dari komunitas Find My Coral (FMC) Bengkulu menyusun wadah substrat terumbu karang di bawah laut Desa Malakoni, Pulau Enggano, Bengkulu Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keindahan bawah laut Indonesia yang diulas habis-habisan oleh Dive Magazine ikut dikomentari Riyanni Djangkaru. Wanita yang terkenal lewat sebuah acara petualangan di stasiun TV swasta itu memang gemar menyelam. Dan menurutnya, titik-titik selam di Indonesia memang memiliki keindahan dan keunikan yang sulit ditandingi belahan dunia manapun.

Riyanni Djangkaru bukan nama asing lagi bagi wisata bawah laut di Indonesia. Riyanni dikenal sebagai presenter wanita yang membawakan acara Jejak Petualang di Trans7. Hobinya menyelam. Dan kini, dia lebih aktif menggerakan kampanye penyelamatan hiu.

Saat Majalah Dive Magazine memasukkan lima spot underwater Indonesia ke dalam Top World Diving Destinations 2017, Riyanni pun tak kuasa ikut berkomentar. Ulasan spot diving terbaik di Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara, di Dive Magazine, menurutnya memang sangat layak. Semua destinasi tadi merupakan langganan top 5 destinasi selam terbaik di Asia Pasifik dan dunia. Potensi underwater-nya dianggap sudah kelas dunia semua.

“Momen ini bisa digunakan tak hanya untuk mempromosikan keindahan bawah laut Indonesia, tapi juga bisa digunakan sebagai momentum untuk memantapkan berbagai usaha manajemen kelautan yang berbasis konservasi. Bawah laut Indonesia memang keren-keren, itu harus dijaga,” kata Riyanni Djangkaru.

Bagi yang penasaran, DiveMagazine adalah majalah menyelam terkemuka di dunia yang menjadi panduan menyelam di 165 negara. Majalah itu dalam salah satu artikelnya mengajak pembacanya untuk memilih destinasi selam terbaik 2017. Dari hasil vote hingga Selasa (4/10), Indonesia sudah unggul jauh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya masyarakat untuk memenangkan vote untuk mengangkat pamor underwater Indonesia di pemilihan via digital itu. Saat ini. sudah ada 20.262 voter yang memilih Indonesia sebagai destinasi selam terbaik dunia. Raihannya sudah jauh melampaui Filipina yang diklik 1.979 voter dan Maldives yang diklik 1.778 voter.

Bagi yang masih ingin memberikan suaranya untuk Indonesia, Dive Magazine masih membuka kesempatan hinga 31 Desember 2016. Cukup klik website untuk masuk ke landing page-nya. Scroll ke bawah, Anda bisa langsung melihat kotak orange dengan judul “Best place in the world to dive. Indonesia ada di pojok kiri atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement