Ahad 07 Aug 2016 10:07 WIB

Festival Rapa'i Jadi Jalan Aceh Rebut Best Halal Destination 2016

Seniman Aceh menampilkan tari tradisional Rapai Geleng di Banda Aceh.
Foto: Antara
Seniman Aceh menampilkan tari tradisional Rapai Geleng di Banda Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Reza Pahlevi, Kadispar Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang sukses merilis Aceh International Rapai Festival 2016, Kamis, (4/8) malam. Acara dengan back ground multimedia TVC promosi Aceh itu pun berakhir dengan sukses luar biasa. Aceh pun diminta mampu memperoleh predikat best halal destination pada tahun ini.

“Video promosi Aceh yang ditampilkan sangat bagus, bahkan nyaris sempurna. Keren. Reza sudah lulus kamu!,” puji Menpar Arief Yahya kepada Kadispar Reza Pahlevi yang merancang launcing Aceh International Rapai Festival 2016 ini.

Pujian Arief soal video TVC Aceh itu memang masuk akal. Durasinya tidak panjang, tetapi sukses meramu dan merangkum semua keunggulan dan keistimewaan Aceh. Dari wisata bahari, pantai (coastal zone) sudah terwakili dengan hasil shooting kamera drone dengan kualitas gambar yang pas. Bawah lautnya (under water zone) juga ditampilkan dengan manis. Diving berada di ribuan binatang coral, ribuan ikan sirip kuning, belut laut, ikan kecil-kecil warna-warni. 

Wisata budaya, ada religi, suasana di masjid dan kesenian Tari Saman dan Rapa’i, kendang perkusi khas Aceh. Gaya arsitektural, rumah adat, rumah kayu yang kaya dengan ukiran, busana adat, dan lainnya. Sampai urusan kuliner yang ditampilkan benar-benar membuat liur ikut nerocos. “Daya pikat, kuliner Aceh luar biasa. Dari kopi tarik, mie Aceh, dan lainnya. Inilah yang harusnya dipromosikan di mancanegara,” kata Arief Yahya.

Karena itu, Arief yakin, kepada Nangroe Aceh Darussalam untuk terus menggenjot wisata halal dan sukses menjadi jawara wisata halal kelas dunia. Tentunya dengan berusaha menjaga destinasi wisata halal dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Aceh.

Acara Rapa’i Festival itu sendiri bakal digelar 26-30 Agustus 2016. ”Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh harus bersaing. Jadi yang pertama dulu di Indonesia, baru bisa menjadi pemenang di dunia. Aceh harus bisa menjadi brand wisata halal dunia, salah satunya bisa lewat musik Rapai ini,” ujar Menpar Arief Yahya.

Dia akan mempromosikan Aceh ke seluruh dunia, bahkan ada musik Aceh yang menjadi iklan promosi Indonesia yang disiarkan ke seluruh dunia dan seluruh televisi mainstream dunia. ” Dan musik Aceh sudah masuk level dunia, jadi mari kita jaga semua. Ini bukan guyon lho, TVC bertema Aceh itu sudah tersebar di NatGeo, Discovery Channel, Baidu, dan lainnya, ,” ujar Arief.

Dengan sudah mendunianya musik Aceh, sudah pasti perhelatan Aceh International Rapai Festival 2016 juga akan lebih menarik dan asik disaksikan oleh seluruh wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement