Jumat , 08 Jul 2016, 04:00 WIB

Cantiknya Pesona Pantai di Lombok Timur

Red: Dwi Murdaningsih
Balitour.net
Pantai Cemara.
Pantai Cemara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesona kecantikan alam Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya wilayah Lombok tak perlu diragukan lagi.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lombok, H Lalu Mohammad Faozal mengatakan salah satu obyek wisata yang cukup menjanjikan dan potensial untuk dikembangkan di Pulau Lombok adalah kawasan wisata pantai yang ada di wilayah selatan Lombok Timur.

Kawasan pantai ini adalah rangkaian pantai yang posisinya berada satu garis dengan pantai di kawasan Sekotong Lombok Barat, dan resor Mandalika di Lombok Tengah. Dia menuturkan ada dua  kawasan di wilayah selatan Lombok Timur ini yang potensial untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang akan ramai dikunjungi yaitu kawasan Kaliantan dan sekitarnya, serta kawasan Tanjung Ringgit di hutan lindung Sekaroh.

Di kawasan Kaliantan ada deretan pantai yaitu pantai Cemara (di Teluk Seriwe), pantai Kaliantan, pantai Sungkun (yang belakangan sering disebut pantai kura-kura), dan pantai Surga. Termasuk juga pada obyek wisata pantai di kawasan Kaliantan adalah Teluk Ekas yaitu yang dimulai dari ujung selatan di pantai Surga hingga ke desa Batu Nampar Selatan yang berbatasan dengan pelabuhan Awang Lombok Tengah.

Selain pemandangannya yang cantik, kawasan Teluk Ekas juga potensial untuk pengembangan perikanan laut sehingga selama ini dikonsentrasikan untuk budidaya berbagai komoditi kelautan seperti lobster dan kerapu. Kawasan Tanjung Ringgit yang memiliki rangkaian obyek wisata yaitu pantai Pink yang namanya semakin kesohor, pantai Temeak, Gili Sunut, Tanjung Beloam, Situs Sejarah peninggalan Jepang, dan Hutan Lindung Sekaroh. Kedua kawasan itu seluruhnya berada di kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Jika Anda ke Lombok, jangan sampai melewatkan pantai-pantai tersebut!