Sabtu 02 Jul 2016 09:40 WIB

Mudik ke Probolinggo? Pastikan Kunjungi 10 Lokasi Wisata Ini

Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan erupsi Gunung Bromo
Foto: Republika/Hazliansyah
Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan erupsi Gunung Bromo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anda mudik ke arah Probolinggo, Jawa Timur? Jangan khawatir. Kendati luasnya hanya seperempat kota Jakarta, namun Probolinggo menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Lokasinya yang berbatasan dengan gunung dan lautan membuat Probolinggo lengkap dan mempesona. "Banyak pilihan, mau sensasi gunung, hutan, lembah, danau, dan pantai, semua berada di Probolinggo,’’ ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya mempromosikan #PesonaLebaranProbolinggo #PesonaLebaranJatim #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

Gunung Bromo

Bromo adalah ikon Pariwisata Jawa Timur, dengan konsep BTS (Bromo Tengger Semeru). Sensasi gunung, salah satu Destinasi Unggulan Indonesia ini sebagian berada di Probolinggo. Gunung Bromo sendiri berada di 4 wilayah, yaitu Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Keindahan alam yang ada di Bromo, memang layak diketagorikan sebagai destinasi kelas dunia.

Bentuk Gunung Bromo bertautan antara ngarai dan lembah dengan lautan pasir luas sekitar 10 km persegi. Gunung Bromo mempunyai kawah bergaris tengah sekitar 800 meter (utara-selatan) dan sekitar 600 meter (timur-barat). Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan pegunungan, dan padang pasing, tapi juga terdapat padang rumput, danau dan bahkan air terjun. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk memasukan Bromo ke dalam daftar objek wisata Anda selama berada di Probolinggo.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan bekas dari gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.088 meter dan merupakan bagian dari gunung Iyang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Gunung Argopuro mempunyai beberapa puncak, salah satunya puncaknya adalah puncak Rengganis. Selain daya tarik khas puncak gunung, terdapat juga situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang  terdapat di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement