Kamis 14 Oct 2010 06:05 WIB

Panglima Tinjau Kesiapan TNI di Lokasi Banjir Bandang Wasior

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panglima TNI Laksamana TNI, Agus Suhartono, meninjau lokasi banjir bandang di Wasior, Papua Barat. Ia memastikan optimalisasi dukungan dan  peran TNI dalam tanggap darurat banjir.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen TNI Aslizar Tanjung dalam siaran persnya, Rabu (13/10), dukungan bantuan satuan TNI yang bekerjasama dengan instansi lain dan masyarakat sangat dirasakan perannya, khususnya dalam pencarian dan pertolongan masyarakat yang hilang. Demikian  pula dalam penyelamatan masyarakat yang luka berat serta evakuasi pengungsi ke tempat aman.

Lokasi aman dimaksud antara lain di lapangan Makodim 1703 /MWR, Rumah Sakit Lapangan TNI dan Rumah Sakit Umum Manokwari. Selain itu, gelar tenda dan dapur lapangan TNI di tempat pengungsian juga sangat membantu kesulitan masyarakat Wasior untuk segera kembali menjalankan kehidupan yang normal.

Menurut Aslizar, pemberian bantuan dari masyarakat dan instansi pemerintah serta nonpemerintah menjadi perhatian TNI, agar dapat segera disalurkan kepada pengungsi. Ini bertujuan melindungi kelompok rentan seperti ibu-ibu dan anak-anak.

TNI juga berperan aktif dalam memfungsikan kembali infrastruktur jalan, jembatan, rumah ibadah, puskesmas dan fasilitas umum lainnya. Dalam kondisi darurat, hal tersebut  dapat memperlancar dukungan dan pelayanan serta penyaluran bantuan kepada korban.

Dua SSK unsur Zeni dari Angkatan Darat dan Marinir akan dikirim untuk mempercepat perbaikan infrastruktur. Dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur dan perumahan ini, TNI bekerjasama dengan Kementerian Sosial serta Pemda Papua Barat.

Kunjungan kerja Panglima TNI juga memastikan kesiapan satuan TNI dalam pengamanan kunjungan Presiden RI. Hal-hal yang harus dipastikan siap antara lain tempat penampungan, pengungsian di lapangan Kodim 1703/ MWR dan RSUD Manokwari serta kesiapan empat KRI (Hasanudin, Fatahilah, Ahmad Yani dan Kalakay) untuk menuju wilayah  bencana Wasior yang memakan waktu kurang lebih delapan jam. Diharapkan seluruh kegiatan VVIP dapat berjalan aman dan lancar.

Panglima TNI dalam kunjungannya didampingi KSAL Laksdya TNI Soeparno, Pangarmatim Laksda TNI Bambang Suwarto, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah, Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Krisnomo, dan Aster Panglima TNI Mayjen TNI Suprapto.

sumber : kominfo-newsroom
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement