Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Apa Sih Makna Teror Itu?

Senin 21 November 2016 11:40 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Adolf Hitler (kiri) dan Napoleon Bonaparte (kanan)

Adolf Hitler (kiri) dan Napoleon Bonaparte (kanan)

Foto: storyeo.com

Apa sih Makna Teror itu?

oleh: Prof DR Abdul Hadi WM, Penyair Sufi dan Guru Besar Universitas Paramadina

 

--------------

Kata-kata terror berasal dari bahasa Perancis Lama "terreur" (abad ke-14 M) yang artinya "sesuatu yang mengintimidasi, obyek rasa takut" ; dari kata terrorem dalam bahasa Latin yang pada abad ke-15 M diberi arti "great fear, dread, alarm, panic; object of fear, cause of alarm; terrible news," from terrere "fill with fear, frighten." juga dari akar kata 'tres' berkaitan dengan kata Inggris "to tremble" dan terrible.

Kendati terorisme sudah ada sejak lama, tetapi kata terror baru benar-benar populer sejak akhir aba dke-18 M pada saat meletusnya Revolusi Perancis.

Pada saat itu, kaum Jacobin yang memegang pemerintahan revolusioner menggunakan kekerasan dalam memlihara situasi revolusioner. Misalnya melakukan hukuman massal kepada muh revolusi yaitu dengan membunuh menggunakan pisau guillotine.  Akibatnya, sekitar 100 ribu orang dihukum mati oleh kaum Jacobin pada periode tahun 1793 sampai 1794.

Tehnik teror juga digunakan oleh Hitler di Jerman dan Stalin di Rusia, serta Mussolini di Italia dan Jendral Franco di Spanyol pada abad ke-20 M. Jutaan manusia tewas pada masa keempat dikator ini berkuasa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: KPK Periksa Dirut PLN

Jumat , 20 July 2018, 16:40 WIB