Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

In Picture: Persahabatan di Kampung 'Atas Awan'

Sabtu 05 May 2018 20:10 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Warga Distrik Ilu di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.

Foto: Dok. Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh  : Kristine Duma *

 

Mendengar nama ILU bagi sebagian orang di seluruh penjuru nusantara memang terkenal asing bahkan baru  pertama kali mengetahuinya.

Akan tetapi ternyata nama ILU ini (salah satu Distrik di Puncak Jaya) menyimpan banyak sejarah yang tidak pernah diungkap sebelumnya.

Ternyata Distrik ILU merupakan tempat pertama kalinya turun pekabaran Injil di Papua bagian  Pegunungan Tengah (Puncak Jaya) pada tahun 1958.

Distrik ILU juga merupakan 'Hati Papua' karena berada diantara Pegunungan yang tinggi di Papua seperti Gunung Kakandao dan Puncak Jayawijaya. Ketinggian di Distrik ini mencapai sekitar 6500 mdpl sehingga sering disebut Kampung Atas Awan.

Di ILU ini juga terjalin sebuah persahabatan yang solid dan murni yaitu Forum ILU bersatu. Forum ILU bersatu merupakan gabungan seluruh elemen masyarakat unsur Tripika, tokoh Agama dan juga Tokoh Masyarakat. Dalam memperingati tanggal 1 Mei, Forum ini mengadakan berbagai macam kegiatan Sosial Masyarakat yang positif antara lain Lomba Voli antar Distrik, Gerak Jalan Sehat, Kerja Bakti,Pemberian Buku, Nonton Bersama, Dan banyak kegiatan lainnya.

Salah satu tokoh masyarakat yaitu Ketua Pemuda Pancasila Puncak Jaya Yusco Kogoya mengatakan bahwa Distrik ILU ini bisa menjadi Distrik Percontohan Puncak Jaya maupun lebih luas Provinsi Papua. Konfik Pilkada yang masih terjadi di berbagai daerah dapat menciptakan pembangunan di tempat tersebut berjalan lamban. Tetapi di Puncak Jaya ini yang cepat pulih sehingga masyarakat bisa terus berkembang sesuai dengan Program AMANAH (Aman, Mandiri dan Sejahtera) Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda dan wakilnya Deinas Geley.

Semoga semakin berkembang dan tetap bersahabat ILU! ILU Jaya!

 

 

*) Penulis adalah pegawai staff Distrik Ilu 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA