Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Terdapat Ribuan Koleksi Unik di Museum Indonesia

Jumat 17 May 2013 09:00 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Museum Indonesia di TMII

Museum Indonesia di TMII

Foto: TMII

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ingin mengetahui wajah Indonesia sesungguhnya? datanglah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Disana, hampir semua anjungan yang ada mencakup semua provinsi dan daerah di Indonesia. Dari semua anjungan yang ada, Museum Indonesia lah yang paling menarik.

Bayangkan, museum ini punya ribuan koleksi pakaian adat, kerajinan logam, alat pertanian, alat tranportasi mulai dari zaman sebelum penjajahan sampai kemerdekaan. Dengan melihat semua koleksi ini, kita bisa tahu perjalanan panjang bangsa ini.

Museum yang berada di samping Gedung Pusat Pengelola TMII dengan posisi menghadap arah selatan di atas tanah seluas 20.100 m2 ini, banyak diminati oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Kita juga bisa lebih tahu, hal-hal yang selama ini tak pernah kita dapatkan, misalnya mata uang Indonesia dari tahun ke tahun atau yang paling menarik perhatian pengunjung yaitu koleksi pakaian pernikahan seluruh provinsi. Di museum ini, juga terdapat koleksi alat musik tradisional. Misalnya satu set komplet gamelan dari Jawa Tengah. Kita,  bisa mencoba mendengarkan suara setiap alat dari gamelan satu persatu dengan menggunakan alat peraga yang sudah di sediakan. Museum Indonesia dibuka setiap hari.  Wisatawan cukup membayar Rp 10.000,- untuk berkeliling dan menikmati koleksi Museum Indonesia. Nah, jika Anda bermaksud mengabadikan koleksi yang ada dengan kamera, Anda harus membayar Rp 5.000,- untuk izin memotretnya.

Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1980 bertepatan dengan ulang tahun ke-5 TMII, museum ini dibangun dengan gaya arsitektur Bali.

Penulis: Eko Nur Wahyudi (peserta pelatihan Seamolec Indonesia)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA