Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

In Picture: Salam Semangat dari Jepang untuk Anak-Anak Indonesia

Kamis 07 Feb 2013 19:02 WIB

Red: Nidia Zuraya

Foto: Rizal Dwi Prayogo/dok pribadi.

Penulis bersyukur mendapat kesempatan untuk merasakan dunia pendidikan dasar di Jepang dengan menjadi guru sehari. Penulis berkesempatan untuk mengajar di SD Oshino, Kanazawa, Jepang. Ini menjadi bagian dari English Exchange Project, yaitu projek yang mempertemukan murid-murid SD Jepang dengan orang asing secara langsung untuk belajar bahasa Inggris.

Projek ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dunia kepada murid-murid SD dan membawanya ke dalam kelas-kelas mereka. Karena selama ini, mereka hanya mengetahui dunia sebatas pada apa yang disiarkan di televisi. Mereka belum pernah berkomunikasi langsung dengan orang asing dan merasakan pengalamannya.

Dalam kegiatan ini, penulis juga berkesempatan untuk memperkenalkan Indonesia kepada mereka. Dari kelas ke kelas menjadi duta Indonesia. Dari setiap kelas yang penulis ajar, selalu terlontar ekspresi spontan dari para murid yang menunjukkan bahwa mereka sangat kagum dengan Indonesia. Terutama dengan keindahan alam Indonesia dan masyarakat sosialnya.

Agaknya kita sudah memaklumi bahwa anak-anak itu tidak bisa berbohong, bahkan ekspresi spontannya pun selalu menyiratkan kejujuran. Maka itu, kekaguman mereka terhadap Indonesia bukanlah ekspresi yang dibuat-buat, melainkan kejujuran yang tulus dan terpancar dari raut wajah mereka.

Anak-anak SD Oshino, Kanazawa, Jepang, menitipkan pesan dan salam semangat untuk anak-anak Indonesia. Mereka ingin berbagi semangat rajin belajar, meraih cita-cita, dan kegigihan dalam berusaha. Mudah-mudahan salam semangat dari anak-anak SD Jepang ini memberikan stimulus kepada anak-anak di Indonesia agar mau bersemangat dalam meraih cita-cita.


Kiriman: Rizal Dwi Prayogo
Mahasiswa Magister Computational Mathematics di Kanazawa University, Jepang

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA