Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

"Gempa Literasi" Gola Gong di Johor, Malaysia

Kamis 22 Mar 2012 15:08 WIB

Red: Miftahul Falah

Gola Gong saat memberikan materi

Gola Gong saat memberikan materi

Foto: Foto-foto: Humas Forum Lingkar Pena Johor Bahru (FLP-JB)

Gola Gong, seorang penulis terkenal dari Banten. Dengan keterbatasannya, hanya memiliki satu tangan, tetapi beliau mampu menjadi diva literasi di Indonesia. Beliau juga menjadi Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat yang didukung oleh Mendikbud. Sebanyak 400 taman bacaan telah didirikan lewat tangannya dalam program ini.

Tahun 2012 ini, Gola Gong yang bernama asli Heri Hendrayana Haris melakukan perjalanan ke negara-negara Asia sebagai kampanye budaya membaca dan menulis. Perjalanannya ini diberi tema “Gempa Literasi Asia!”.

Beruntung, pada acara milad pertama, Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Johor Bahru, Malaysia, beliau berkenan hadir dalam acara pelatihan menulis dengan tema “Be a Writer, Be a Winner 2012”. Oleh karena itu, FLP Johor menjadi destinasi pertama Gola Gong dalam menggulirkan kampanye “Gempa Literasi Asia” ini.

Gola Gong hadir bersama istri tercintanya, Tias Tatanka, yang juga berprofesi sebagai penulis. Selain itu, Tias Tatanka merupakan pembina Rumah Dunia yang didirikan oleh Gola Gong.

Kegiatan pelatihan menulis ini diadakan di Masjid Tan Sri Ainuddin Wahid, Johor, Malaysia pada hari Ahad (18/3/2012). Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Forum Lingkar Pena Johor Bahru (FLP-JB) dan Biro Humas dan Media Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera (PIP-PKS).

Hadir memberikan kata sambutan, Ketua PIP-PKS Ir. Budi Yanto Husodo, M.Sc. Beliau mengatakan, “Menulis dan membaca merupakan perintah Allah dalam Alquran. Hal ini tertuang indah di dalam surat Al Alaq dan surat Al Qolam. Metode dakwah yang diajarkan di dalam Alquran salah satunya dengan cara bercerita.”

Beliau juga menjelaskan, di dalam Al Qur’an bertaburan kisah-kisah tentang para nabi dan rasul, kisah orang-orang terdahulu, ashabul kahfi dan lain-lain. Kisah-kisah ini merupakan kisah inspiratif yang Allah sampaikan kepada orang-orang yang mau berpikir, sebagai hikmah yang akan diambil ibrohnya dalam menjalani kehidupan sebagai hamba Allah.

Senada dengan sambutan Pak Budi, Ketua Forum Lingkar Pena Johor Bahru (FLP-JB), Sri Widiyastuti mengatakan, FLP-JB juga sangat mendukung kegiatan gempa literasi yang digagas oleh Gola Gong di beberapa negara. Sebagai salah satu wujud dari kepedulian masyarakat literasi kepada pembudayaan membaca dan menulis di kalangan mahasiswa, pekerjaan migran dan ekspatriat di luar negeri.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari diadakannya pelatihan menulis ini, yaitu mendongkrak minat membaca dan menulis di kalangan warga Indonesia yang berada di Johor, Malaysia. Harapannya, setelah diadakannya pelatihan ini, muncul kesadaran dari masyarakat untuk membudayakan membaca dan menulis dan munculnya penulis-penulis baru di kalangan mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga serta para pencinta pembaharuan budaya di masyarakat Indonesia.

Materi menulis ini disampaikan oleh Gola Gong dan Tias Tatanka dengan sangat menarik dan interaktif. Peserta pun terlihat antusias mengikutinya. Pelatihan menulis ini dihadiri oleh 80 orang peserta yang terdiri dari Mahasiswa, TKI dan istri dosen.

Humas Forum Lingkar Pena Johor Bahru (FLP-JB)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA