‘Negeri di Atas Awan’ Itu Juga Ada di Arab Saudi
Rabu , 27 Feb 2019, 08:01 WIB

Alarabiya
Fifa Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, Kita sering mendengar ungkapan negeri di atas awan untuk menggambarkan sejumlah wilayah di Indonesia yang berada di ketinggian perbukitan. Di Indonesia kawasan yang terkenal dengan sebutan tersebut adalah dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca Juga:

Namun, ternyata, wilayah perkampungan dengan karakter ketinggian yang sama juga bisa dijumpai di Arab Saudi, tepatnya di daerah Fifa. 

Kawasan yang memiliki ketinggian 12 ribu kaki tersebut dihuni kurang lebih 60 ribu penduduk. Kesuburan tanahnya menjadikan warga menekuni profesi sebagai petani sayuran dan buah-buahan. Di antaranya pisang, lemon, mangga, dan tanaman kopi. 

photo
Salah satu sudut kawasan Fifa, Arab Saudi/ Alarabiya

Kawasan Fifa merupakan salah satu sentra pertanian yang memasok kebutuhan sayuran dan buahan untuk Saudi.   

Jika melihat sejumlah titik di kawasan ini, metode terasering juga digunakan dalam lahan pertanian di Fifa. Pemandangan tersebut menambah kawasan tersebut lebih terkesan hijau dan enak dipandang.  

Tak banyak yang mendokumentasikan kawasan ini dalam buku-buku sejarah. Hal ini karena, pada masa itu, wilayah ini merupakan daerah yang sulit dijangkau.

Namun daerah tersebut sudah bisa diakses transportasi mobil. Seorang fotografer, Majid Sanqoof, membeberkan beberapa jepretannya untuk mengungkapkan minatnya yang besar terhadap Fifa, seperti dikutip dari Alarabiya, Rabu (27/2). 

 

Redaktur : Nashih Nashrullah

BERITA LAINNYA