Bawa Uang dengan Aman
Rabu , 08 Agu 2018, 15:47 WIB

Republika/Agung Supriyanto
Jamaah haji Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Ketika menunaikan ibadah haji, tidak jarang kita mendengar ada saja jamaah haji yang kehilangan uangnya. Entah itu karena terlupa meletakkan uangnya, hingga dicopet. Untuk menghindari kemungkinan ini, ada sejumlah tips yang mungkin bisa diterapkan.

Pertama, jangan membawa uang dalam jumlah banyak, apalagi seluruh uang saku. Bawalah uang secukupnya, sekitar 50–100 riyal saja.

Kedua, simpan uang Anda di koper atau tas dengan cara dipisah-pisah, dan tutuplah dengan kunci gembok kecil di kedua restletingnya. Menyimpan uang di kamar hotel atau pemondokan jauh lebih aman dibandingkan jika dibawa terus saat pergi ke masjid.

Ketiga, jika Anda ingin belanja untuk membeli oleh-oleh, sebaiknya tidak langsung belanja banyak. Jamaah haji akan tinggal di Makkah selama kurang lebih 30 hari. Karena itu, waktunya sangat panjang hanya untuk keperluan belanja saja.

Ketika mau belanja, bawa saja uang secukupnya, beli apa yang Anda inginkan, lain waktu bisa belanja lagi. Dengan cara ini, bisa memperkecil kemungkinan kehilangan uang di jalan.

Redaktur : Agung Sasongko