Imam Masjidil Haram: Gunakan Medsos Hal yang Bermanfaat
Ahad , 08 Jul 2018, 10:23 WIB

Saudigazette
Sheikh Saleh Bin Humaid.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Sheikh Saleh Bin Humaid, imam dan Khatib dari Masjidil Haram, memperingatkan kaum Muslim untuk membuang-buang waktu dan mengabaikan prioritas mereka dengan menggunakan situs jejaring sosial secara berlebihan. Dalam khotbah Jumatnya, Sheikh Bin Humaid, agar umat Islam untuk memanfaatkan fitur-fitur positif dari media sosial (medsos) dan menjauh dari sisi negativitnya.

Dia mencatat bahwa situs jejaring sosial adalah salah satu penemuan terbaik yang dibuat oleh umat manusia. “Situs-situs ini membantu kami untuk mendekatkan mereka yang tinggal di tempat yang jauh, memungkinkan kami untuk memiliki manajemen waktu, meningkatkan kontak dengan siapa pun yang tinggal di mana saja, dan memperkaya diri dengan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman. Kita harus mendapatkan manfaat dari semua manfaat ini dalam melakukan perbuatan baik dengan cara yang bermanfaat dan bermanfaat, ”katanya dalam khutbah Jumatnya, di Masjidil Haram, Jumat lalu, seperti dilansir Al Arabiya.

Dia mencatat bahwa akun jejaring sosial adalah berkat yang besar bila  menggunakannya di jalur kepatuhan kepada Allah Swt. Jejaring sosial aka bermanfaat bagi diri diri sendiri dan sesama makhluk, dan pemanfaatan waktu yang optimal untuk mendapatkan manfaat dari aspek positifnya.

Sheikh Bin Humaid juga memperingatkan bahwa media sosial, dalam perspektif lain, adalah ujian besar bagi kehidupan publik dan pribadi orang-orang saat ini. “Orang percaya bertanggung jawab untuk menghabiskan waktu dan keterlibatan mereka dalam berbagai tindakan. Mereka akan bertanggung jawab kepada Tuhan atas apa yang dilihat mata mereka, apa yang didengar telinga mereka dan apa yang dilakukan tangan mereka, ”katanya seraya mendesak umat beriman untuk melakukan introspeksi diri dan menghabiskan waktu mereka untuk apa yang bermanfaat bagi mereka.

Cendikiawan ini mencatat bahwa perincian paling pribadi dari individu dan keluarga di berbagai lapisan kehidupan mereka terpapar kepada publik karena media sosial dan hubungan erat dengan situs-situs ini akan memiliki efek buruk pada hubungan sosial dan hubungan individu dengan keluarga dan kerabat mereka. Bahkan, kerapkali sudah mengarah pada disintegrasi hubungan-hubungan ini selain membuang banyak waktu berharga.

"Keterikatan yang dekat dengan media sosial akan bisa mengarah pada kelalaian dari hal-hal yang seharusnya tidak diabaikan. Selain itu bisa juga berakibat menyinggung perasaan orang-orang yang perasaannya harus dihormati," tambahnya.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudi gazette