Kakek 105 Tahun Ini Akhirnya Sempurnakan Ibadah Haji
Senin , 28 Sep 2015, 06:50 WIB

siasat
Noor Mohammed, jamaah haji asal Pakistan yang telah berusia 105 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, MINA -- Setelah menabung selama hampir 15 tahun, Noor Mohammed, seorang jamaah haji Pakistan berusia 105 tahun akhirnya berhasil sampai ke Makkah untuk melakukan ibadah haji.

"Saya tabungkan uang 15 tahun lalu dan memulai perjalanan untuk seumur hidup ini," katanya kepada surat kabar Al-Hayat, dilansir Siasat, Senin (28/9).

"Biaya haji yang meningkat dari tahun ke tahun, sempat membuat sulit karena ekonomi keluarga saya yang tidak mampu, "katanya.

Mohammed mengatakan dia hanya mampu menyimpan uang haji di usia tua. "Ketika saya melintasi usia ke-100, barulah saya bisa menyimpan jumlah yang diperlukan untuk mencapai impian saya seumur hidup ini," katanya.

Dia mengatakan ketika ia tiba di Arab Saudi untuk pertama kalinya, ia menemukan bahwa beribadah haji itu tidak sesulit yang sebelumnya ia bayangkan. Mohammed mengatakan teman-temannya, yang semuanya telah meninggal sekarang, telah banyak bercerita tentang kesulitan-kesulitan selama ibadah haji.

"Saat ini sangat mudah untuk bergerak di antara tempat-tempat suci. Hal ini juga mudah untuk melakukan ritual. Hal ini bertentangan dengan apa yang diceritakan orang-orang tentang haji selama bertahun-tahun," katanya.

Redaktur : Angga Indrawan