Seleksi Petugas PPIH Digelar 25 Februari
Kamis , 21 Feb 2019, 13:30 WIB

foto: kemenag.go.id
Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir. (foto: istimewa)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Proses seleksi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 H/2019 M akan dimulai pada 25 Februari mendatang. Pengumuman hasil seleksi di tingkat kabupaten/kota ditargetkan pada 28 Februari 2019, sedangkan hasil seleksi di tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret 2019.

Baca Juga:

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi menjelaskan, proses seleksi itu akan dibagi menjadi dua, yakni pada tingkat kantor wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi dan tingkat Eselon I Pusat.

Seleksi di tingkat Kanwil Kemenag akan dilakukan berjenjang, mulai dari level kantor Kemenag kabupaten/kota.

"Seleksi di tingkat kabupaten/kota akan digelar serentak pada Senin depan, 25 Februari 2019," kata Khoirizi melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (21/2).

Dia menerangkan, seleksi di tingkat kabupaten/kota akan diikuti aparatur sipil negara (ASN) dari kantor Kemenag. Di antaranya adalah guru madrasah, penyuluh, penghulu kantor urusan agama (KUA) dan tenaga profesional lainnya.

Tahapan seleksi tingkat kabupaten/ kota meliputi seleksi administrasi dan kompetensi atau tes tertulis. Kantor Kemenag di kabupaten/ kota akan memilih peserta terbaik sejumlah dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan.

Selanjutnya mereka mengikuti seleksi di tingkat provinsi. "Hasil seleksi tingkat kabupaten/ kota akan diumumkan pada 28 Februari di kantor Kemenag setempat," ujar dia.

Khoirizi menyampaikan, peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Seleksi di tingkat provinsi dilaksanakan di Kanwil Kemenag provinsi pada 5 Maret 2018. Seleksi tingkat provinsi berupa tes kompetensi berbasis CAT dan wawancara serta praktik.

Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kemenag provinsi. Kepala Kanwil Kemenag selanjutnya akan melaporkan hasil seleksi tersebut ke Ditjen PHU untuk ditetapkan sebagai PPIH Arab Saudi 1440 H/2019 M. "Untuk seleksi di tingkat Eselon I, akan digelar pada 4 April di Asrama Haji Pondok Gede (Jakarta)," jelas dia.

Redaktur : Hasanul Rizqa
Reporter : Fuji Eka Permana

BERITA LAINNYA