Patuna Nilai Sipatuh Mendukung Kerja Pendataan Jamaah
Jumat , 07 Dec 2018, 15:15 WIB

Republika/Putra M. Akbar
Syam Resfiadi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT Patuna Mekar Jaya merupakan salah satu Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang terbantu dengan adanya Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji (Sipatuh). Patuna menilai Sipatuh ampuh digunakan sebagai pengumpulan data administrasi jamaah.

“Ahamdulillah enggak ada masalah dan sangat berguna,” kata Direktur Utama PT Patuna Mekar Jaya Syam Resfiadi Amirsyah saat diminta pendapatnya terkait Sipatuh, Jumat (7/12).

Alumni IKIP Jakarta ini mendukung penuh keberadaan (Sipatuh). Dia menyebut Sipatuh sangat meringankan pekerjaannya di bidang pendataan. “Kami mendukung Sipatuh karena membuat kerja lebih cepat,” ujarnya.

Saat ditanya ada sebagian (PPIU) yang berpendapat jika Sipatuh merepotkan karena harus mengunggah data jamah seperti KTP, kwitansi pembayaran, nomor kontak telpon dan email, Syam menilai mereka tidak mau kerja keras saja. “Karena enggak mau repot ya mereka malas,” katanya.

Syam memastikan sejak diluncurkannya Sipatuh pada Oktober 2018, Patuna langsung memasukan semua data jamaah yang akan diberangkatkan menggunakan travelnya ke Tanah Suci Makkah.  “Iya boleh dicek langsung sama staf dokumen Patuna,” katanya.

Syam menyambut baik upaya Kementerian Agama yang terus mengembangkan Sipatuh demi terkoneksinya sistem PPIU dengan Sipatuh di Kementerian Agama. “Kami juga menunggu sistemnya agar bisa koneksi dengan system Patuna,” katanya.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Ali Yusuf