Travel Patuna Jaya Targetkan 1.500 Jamaah Umrah
Kamis , 06 Dec 2018, 19:34 WIB

dok. Travel Patuna
Travel Patuna Jaya Targetkan 1.500 Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Patuna Mekar Jaya Syam Resfiadi Amirsyah menargetkan 1.500 jamaah umrah di bulan Desember tahun 2018 yang berangkat menggunakan travelnya. Dari 1.500 jamaah travel Patuna Mekar Jaya baru memberangkatkan sekitar 300 jamaah ke Tanah Suci.

“Sekarang yang sudah kita kirim mulai dari mau pulang dan yang sedang datang, juga yang sedang ada di Madinah dan Makkah itu kurang lebih sekitar 300 dalam kurun 10 hari ini,” kata Syam Resfiadi saat berbincang dengan Republika.co.id, Kamis (6/12).

Sementara untuk bulan-bulan biasa Syam Resfiadi menarget sekitar 700 jamaah umrah untuk bisa berangkat menggunakan travelnya yang beralamat di Jalan Panglima Poli Raya Nomor 43 AB, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. “Kalau bicaranya bulanan, per bulannya itu sekitar 700 jamaah,” ujarnya.

Akan tetapi beradasarkan realisasinya jamaah yang ditargetnya PT Patuna Mekar Jaya sekitar 700 itu tidak tercapai di setiap bulannya. Meski tidak tercapai dari target yang telah ditentukan, jumlah jamaah yang tertarik terhadap travel Patuna Jaya cukup signifikan.

“Kalau pertanyaanya bulan Oktober ada berapa ok. Mulai di bulan September itu ada 300, di bulan Oktober ada 500, di bulan November ini ada 700 jamaah,” katanya.

Syam mengaku travelnya tidak terdampak atas kecurangan yang dilakukan travel-travel terhadap calon jamaahnya. Untuk itu kata dia, meski ada kasus penipuan yang dilakukan First Travel, SBL dan lainnya, PT Patuna Mekar Jaya tetap diminati jamaah sebagai kendaraan untuk melakukan perjalanan ibadah umrah.

“Beda pasarnya. Kalau untuk pasar bawah memang terasa. Tetapi  kalau untuk pasar menengah tidak,” katanya.

Syam mengatakan faktor utama kenapa travelnya yang mendapatkan izin usaha tahun 1983 itu tidak terdampak atas kecurang First Travel, SBL dan lainnya, karena PT Patuna Mekar Jaya menjalankan mesin marketingnya untuk menjaring calon jamaah. “Satu memang sudah lama, kedua kita tetap membranding nama kita di orang-orang baru. Yang baru lahir, baru gede baru bisa kerja, baru punya duit itu kita branding lagi,” katanya.

Meski pasar PT Patuna Mekar Jaya kalangan menengah ke atas, untuk masalah harga tidak jauh beda dengan pasar menengah ke bawah. Dia mengatakan, harga paket umrah untuk bintang tiga di kisaran Rp 21 juta untuk, bintang empat dan lima di angka Rp 35 hingga Rp 45 juta per orang.
 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Ali Yusuf